Hemat! Begini tips eksplor wisata alam Lampung ala backpacker

explore-wisata-lampung.jpg

Penasaran dengan Lampung? Ingin berkeliling Lampung untuk menikmati wisata alamnya? Di artikel ini, akan bahas mengenai tips eksplor wisata alam Lampung ala backpacker. Karena ada istilah “backpacker”, maka rekomendasi yang ditulis bertujuan menghemat bujet berwisata di Lampung agar tetap “aman”. 

Pilih transportasi jakarta ke lampung
Bila berangkat dari Jakarta, ada berbagai moda transportasi yang bisa digunakan supaya bisa pergi ke Lampung. Ada jasa travel, pesawat, kereta api, bus damri, mobil pribadi, hingga motor. Untuk detailnya, berikut penjelasan satu-persatu moda transportasi Jakarta - Lampung:
  • Jasa travel. Sebagian besar travel di Jakarta memiliki rute Jakarta - Bandar Lampung. Waktu keberangkatan antara pukul 09:00 hingga 21:00. Biaya mulai dari Rp. 250.000- Rp. 300.000.
  • Pesawat. Jalur udara bisa pula digunakan pergi ke Lampung. Maskapai seperti Merpati, Garuda, Sriwijaya dan Lion Air memiliki rute penerbangan Jakarta ke Lampung. Soal harga, cukup variatif. Mulai dari Rp. 250.000
  • Kereta api. Pernah kebayang naik kereta ke Lampung? Bisa kok, tapi sampai merak. Rute yang perlu diambil yaitu naik KRL tujuan Rangkasbitung. Selanjutnya, pilih kereta lokal Merak untuk menuju Stasiun Merak. Apabila sudah sampai, lanjutkan dengan berjalan kaki untuk menyeberang ke Lampung.
  • Bus damri. Pilihan jalur darat selain kereta dan travel yaitu bus damri. Biasanya, rute keberangkatan dari Stasiun Gambir dan berakhir di Stasiun Tanjung Karang Lampung. Jenis bus yang bisa dipilih yaitu ekonomi, royal atau bisnis. Harga variatif, menyesuaikan dengan jenis bus. 
  • Mobil pribadi. Kalau ingin merasakan sensasi berwisata dengan mobil ke Lampung, maka rute yang perlu diambil yaitu menuju Pelabuhan Merak. Selanjutnya, arah maps menuju destinasi wisata atau hotel.
  • Motor. Ingin wisata ke Lampung lebih mengesankan? Coba naik motor Jakarta ke Lampung. Yang perlu diingat, naik motor ke Lampung cukup beresiko. Perhatikan aspek keamanan saat berkendara. Rute yang perlu diambil yaitu Tanjung Priok ke Panjang. 

Dari beberapa opsi transportasi di atas, perjalanan dari lampung ke jakarta naik bus damri adalah pilihan yang hemat dan aman di perjalanan. Apabila ingin kenyamanan lebih, jasa travel merupakan pilihan terbaik. Apabila ingin menghemat pengeluaran saat liburan, wisatawan bisa mencoba transportasi motor. Namun, aspek keamanan selama perjalanan perlu diperhatikan. Pastikan berkendara saat siang hari dan beristirahat di malam hari. 

Tentukan hotel yang nyaman untuk melepas lelah
Bila sudah menentukan jenis transportasi apa yang akan digunakan, berikutnya cari hotel untuk melepas penat. Ada banyak hotel yang ada di Lampung. Wisatawan dapat memilih jenis hotel sesuai dengan selera masing-masing. 

Salah satu rekomendasi hotel yang cocok untuk liburan hemat ala backpacker yaitu POP! Hotel Tanjung Karang - Lampung. Hotel ini sering dikenal sebagai hotel backpacker tanjung karang sebab harga sewa per malam yang hanya Rp. 200 ribuan hingga Rp. 300 ribuan. Jumlah kamar yang tersedia mencapai 168 kamar. Di setiap kamar terdapat wifi, tv kabel, deposit box, hingga kasur king-sized. 

Keliling memakai motor sewaan
Supaya puas berlibur di Lampung, ada baiknya gunakan motor untuk mengeksplorasi berbagai spot wisata. Motor merupakan pilihan ideal mengingat beberapa lokasi wisata di Lampung akan sulit bila diakses menggunakan mobil pribadi. 

Harga sewa motor cukup terjangkau, yaitu Rp. 40 ribu hingga Rp. 100 ribu. Harga menyesuaikan dengan jenis motor yang dipilih. Adapun syarat yang perlu disiapkan oleh wisatawan di antaranya SIM C, KTP asli, dan 2 kartu lain sebagai jaminan (BPJS atau kartu lainnya). 

Kunjungi wisata di lampung yang mudah diakses kendaraan
Hotel sudah dapat, motor pun sudah disewa, saatnya pergi ke wisata Lampung. Kalau dihitung-hitung, di Lampung ada 25 tempat wisata di bandar lampung yang lagi hits. Namun, gak semuanya harus dikunjungi ya. 

Kalau ingin mengeksplor tempat wisata pantai di Lampung, maka wisatawan dapat berkunjung ke Pantai Pasir Putih, dan Pantai Mutun. Di wisata laut Lampung ini, wisatawan tidak hanya disuguhkan oleh pemandangan pasir putih, tetapi juga pengalaman melihat lumba-lumba secara langsung, berselancar, hingga menghabiskan waktu untuk swafoto di pantai pasir putih dengan background warna biru muda. 

Bila bosan dengan wisata pantai Lampung, wisatawan dapat berkunjung ke taman nasional, seperti Taman Batu Granit Tanjung Bintang, dan Taman Kupu-kupu Gita Persada. Sensasi liburan di Lampung akan lebih “mengesankan” dengan berkunjung ke destinasi wisata Lampung ini. Kalau ingin merasakan tantangan lebih, wisatawan dapat mencoba Wisata Gunung Anak Krakatau. Jaraknya lumayan jauh karena harus menyebrang laut, tetapi bisa dipastikan bikin “wow” bila diposting di media sosial!

Selain dua jenis wisata tersebut, di Lampung masih ada wisata lain seperti Danau Ranau, Danau Lematang, dan lain-lain. Lampung memang identik dengan wisata alamnya. Jadi, jangan kaget bila wisata kali ini bertema eksplorasi alam. Pasti akan menyenangkan!

Bawa pulang oleh oleh lampung sebagai bukti otentik 
Sebagai bukti kalau sudah liburan di Lampung, wisatawan seringkali belanja oleh-oleh khas lampung. Banyak sekali jenis oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang. Ada Pie Susu Pisang, Keripik Pisang, Sambal Lampung, Kerupuk Cumi, Sambal Goreng Udang, Lempok Durian, Dodol Pandan, Kemplang, Keripik Nangka, Engkak, Kopi Durian, Sambal Lingkung, Bolu Tape, Abon Jamur, hingga Kerupuk Ikan Tenggiri dan Dodol Sirsak.

Wisatawan tidak perlu membeli semua oleh-oleh khas lampung tersebut. Beli makanan yang sesuai dengan kantong dan mudah dibawa. Tidak lucu kan bila membawa oleh-oleh yang seabrek dari Lampung, tetap susah dibawa. Pada akhirnya, beberapa oleh-oleh harus ditinggal karena gak muat di mobil atau tidak mungkin dibawa naik kendaraan umum.

Kesimpulan: Tips eksplor wisata alam Lampung ala backpacker
Lampung identik dengan wisata alam. Ada wisata pantai, taman lindung, hingga wisata alam lain seperti curug hingga danau. Bila ingin merasakan sensasi yang menantang, coba berkunjung ke Wisata Gunung Anak Krakatau. Tenang, penyedia wisata sudah membekali perjalanan dengan protokol keselamatan sehingga tidak perlu khawatir bila tiba-tiba Gunung Anak Krakatau erupsi. 

Perihal penginapan, jangan lupa memilih kamar yang nyaman dengan fasilitas wifi, tv kabel, deposit box, hingga kasur king-sized. Karena tema liburan kali ini adalah backpacker atau wisata hemat, maka pilih hotel murah dengan harga per kamar di kisaran Rp. 200 ribuan. Nah, hotel yang sesuai dengan kriteria tersebut yaitu POP! Hotels di Tanjung Karang yang sering disebut hotel backpacker tanjung karang. Yuk, pesan kamar sekarang!