Traveling murah meriah ke semarang ala backpacker

traveling-murah-semarang.jpg

Nama Semarang memang tidak setenar Jogja. Beberapa tahun ke belakang, Semarang mulai membenahi diri guna menarik minat wisatawan. Dulu, kalau ke Semarang ya hanya pergi ke Lawang Sewu atau ke Simpang Lima Semarang. Sekarang, ada banyak destinasi wisata di Semarang. 

Beberapa spot wisata terbaru yang ngehits di Semarang diantaranya Ayana Gedong Songo, Umbul Sidomukti, Dusun Semilir, hingga Saloka Theme Park. Selain itu, ada juga berbagai wisata kuliner yang akan memanjakan lidah traveler saat berlibur ke Semarang. Satu hal yang perlu diingat ketika traveling ke Semarang, wisatawan perlu merogoh kocek lebih dalam supaya bisa puas berlibur di Semarang. Apabila ingin lebih hemat, berikut tips traveling murah meriah ke semarang ala backpacker.

Gunakan kereta api sebagai pilihan pertama
Backpacker itu identik dengan liburan tanpa modal, tetapi bisa keliling ke mana saja. Namun, di step ini wisatawan tidak perlu nekat seperti itu. Backpacker sekarang bisa lebih nyaman di perjalanan. Gak perlu mengacungkan jempol di jalan raya untuk menghentikan truk atau angkutan barang lainnya. 

Naik kereta api saja! Darimanapun stasiun keberangkatan, turun di stasiun semarang tawang atau stasiun semarang poncol. Keduanya merupakan stasiun yang dekat dengan pusat kota Semarang.  Kalau bingung mau turun mana, itu tergantung dari jenis kereta yang dinaiki. Berikut beda  stasiun semarang tawang atau stasiun semarang poncol yaitu:

Stasiun Semarang Poncol (SMC) menjadi stasiun untuk kereta api penumpang kelas ekonomi dan komuter di Semarang
Stasiun Semarang Tawang (SMT) merupakan stasiun kereta api kelas eksekutif, bisnis, dan premium. Meski demikian, beberapa kereta api dengan gerbong campuran kelas ekonomi juga berhenti di stasiun ini. 

Pilih taksi atau ojek online ke penginapan
Kalau masih was-was pesan taksi atau ojek online di stasiun, itu gak bakal ada di benak wisatawan saat liburan di Semarang. Stasiun di Semarang sudah “menerima” kehadiran taksi atau ojek online. Tidak lagi perlu sembunyi-sembunyi untuk memesan taksi atau ojek online. Bahkan, tidak jarang taksi stasiun pun menawarkan jasa mereka sesuai dengan tarif taksi online. 

Bila memesan taksi atau ojek online, titik penjemputan biasanya berada di luar stasiun. Wisatawan perlu berjalan kaki sekitar 50 hingga 100 meter menuju jalan raya. Di sana, sudah berjejer berbagai taksi atau ojek online yang sedang menunggu pelanggannya. 

Menginap di hotel low-budget dengan layanan kamar terbaik
Bila masih bingung menentukan penginapan, sebaiknya pilih hotel yang dekat dengan landmark Kota Semarang, seperti Simpang Lima, Monumen Tugu Muda, Lawang Sewu, hingga pusat oleh-oleh khas Semarang. Salah satu rekomendasi hotel yang sesuai dengan kriteria demikian yaitu POP! Hotel Pemuda atau beberapa orang lebih sering mengenalnya Hotel dekat lawang sewu.

Hotel dekat lawang sewu menyediakan 132 kamar yang masing-masing di setiap kamar memiliki fasilitas wifi, deposit box, hot and cold shower, serta LCD TV berukuran 32 inch. Harga sewa per malam mulai dari Rp. 200 ribuan. 

Berkeliling pakai BRT Semarang
Masak jauh-jauh ke Semarang cuma ingin tiduran di kamar hotel? Memang sih, POP! Hotel Pemuda itu nyaman. Layanan dan fasilitas yang disediakan memanjakan tamu. Namun, ada kalanya wisatawan beranjak dari tempat tidur dan bersiap keliling Semarang. Tapi, keliling Semarang yang hemat sebaiknya naik apa? Coba naik BRT Semarang, yuk!

BRT Semarang atau Trans Semarang merupakan sistem transportasi angkutan cepat Kota dan (sebagian) Kabupaten Semarang. Tarifnya Rp. 3.500. Di tahun 2020, Trans Semarang memiliki delapan koridor utama, satu koridor khusus, dan tiga koridor pengumpan. Berikut detail koridor Trans Semarang:

Koridor 1: Relasi Terminal Mangkang – Terminal Penggaron
Koridor 2: Relasi Terboyo – Terminal Sisemut Ungaran
Koridor 3A dan 3B: Relasi Pelabuhan Tanjung Emas – Elizabeth
Koridor 4: Relasi Terminal Cangkiran – Stasiun Tawang ke Ngaliyan
Koridor 5: Relasi Meteseh – Bandara – Marina
Koridor 6: Relasi Undip Tembalang – Unnes Sekaran
Koridor 7: Relasi Terboyo – Pemuda Balaikota Semarang via Genuk
Koridor 8: Relasi Terminal Cangkiran – Simpang Lima via Gunungpati
Koridor Bandara: Relasi Bandara - Simpang Lima dan koridor pengumpan.

Kalau bingung menghafalkan koridor mana yang sesuai dengan destinasi wisata, mintalah bantuan ke petugas. Bilang nama destinasi wisata. Petugas akan memberi arahan bus mana yang harus dinaiki. 

Rekomendasi spot wisata ngehits semarang yang low-cost
Bosan dengan wisata “itu-itu” saja saat di Semarang? Tenang, ada beberapa rekomendasi wisata semarang hits instagram misalnya seperti Ayana Gedong Songo, Umbul Sidomukti, Dusun Semilir, hingga Saloka Theme Park. Detail hiburan yang disediakan yaitu:

1. Dusun Semilir. Wisata ini cukup nge-hits di Semarang. Yang menonjol di sini yaitu desain interior yang wow! Di dalamnya, wisatawan dapat menikmati berbagai kuliner khas jawa yang tersedia di sepanjang lorong antar bangunan. Spot foto banyak banget yang instagramable di sini.

2. Saloka Theme Park. Lokasinya searah ke Dusun Semilir. Wisatawan dapat menikmati berbagai wahana yang ramah bagi anak-anak. Saloka memiliki empat zona yaitu Pesisir, Ararya, Segara Prada Balalantar dan Kamayayi.

3. Ayana Gedong Songo. Merupakan wisata semarang terbaru yang cocok untuk berswafoto. Wisatawan dapat menambah koleksi foto di 35 spot foto. Ada spot balon udara, hammock, bubble tent, tempat duduk unik di tengah kolam, dan masih banyak spot foto yang menarik lainnya. 

Itu tadi merupakan rekomendasi destinasi wisata semarang yang sedang hits. Sebenarnya, ada banyak spot wisata yang instagramable di Semarang. Berhubung tema kali ini yaitu traveling murah meriah ke semarang ala backpacker, berkunjung ke tiga destinasi wisata semarang terpopuler itu sudah lebih dari cukup.

Makan makanan khas Semarang yang melegenda
Sudah lelah berkeliling memanjakan mata dan menambah stok foto feed Instagram? Saatnya memanjakan lidah. Tidak lengkap bila traveling ke Semarang tanpa berhenti beberapa spot kuliner di semarang. Berdasarkan menu masakan, berikut ini rekomendasi wisata kuliner Semarang Jawa Tengah:
  • Bebek goreng sambal mangga muda. Mangga muda yang dipadu dengan cita rasa rempah nusantara akan memanjakan lidah. Soal rasa tidak perlu khawatir. Sudah banyak pelanggan yang memberi review “puas” dengan menu ini. Ada pula menu nusantara lain seperti gurame, olahan daging ayam, seafood, oseng-oseng, sayur asem, hingga sop dan soto. Ingin mencoba masakan ini? Datang ke Jln. Mayor Jend. D.I Panjaitan No.64, Brumbungan, Semarang.
  • Macam-macam olahan mie. Yuk manjakan lidah dengan berbagai olahan mie seperti mie ayam original, jamur, lada hitam, hingga tamie capcay. Selain mie, adapula bakso. Yang khas dari semua menu tadi yaitu topping pangsit goreng isi ayam dan udang. Langsung saja datang ke Jln. Tri Lomba Juang No.8 Semarang.
  • Nasi ayam. Bukan nasi dan ayam! Menu masakan kali ini mirip dengan salah satu kuliner khas Solo, yaitu nasi liwet. Di satu piring akan ada nasi putih gurih, ditambah suwiran daging ayam, sambal goreng labu siam kombinasi krecek, tahu bacem, telur dan sebagai penutup akan disiram dengan kuah santan. Hmmm… sudah puas menelan ludah? Yuk langsung cus ke Jln. Melati Selatan atau di Jalan Mataram (Jln. MT Haryono Semarang)

Harga masing-masing kuliner khas Semarang tadi mulai dari Rp. 10.000 ribuan. Gak perlu takut kantong jebol! Supaya lebih yakin, sebelum memesan menu pastikan tahu harganya. Jangan asal tulis di kertas pesanan ya. 

Kesimpulan: liburan super ngirit di Semarang
Berlibur di Semarang itu menyenangkan. Di sini, nuansa yang disajikan yaitu metropolitan khas Jakarta yang dipadukan dengan sentuhan bangunan-bangunan bersejarah. Saat pertama kali menginjakkan kaki di Stasiun Semarang, bangunan peninggalan Belanda menjadi “Ucapan selamat datang”. Meski begitu, Semarang juga punya wisata kekinian seperti Ayana Gedong Songo, Umbul Sidomukti, Dusun Semilir, hingga Saloka Theme Park. Tampak akan merogoh kantong terlalu dalam ya? Jangan khawatir soal itu!

Kunci dari trip ala backpacker itu di akomodasi dan penginapan. Pastikan memilih POP! Hotels sebagai penginapan dengan bujet mulai dari Rp. 200 ribuan. Lokasi di tengah kota semarang dan dekat dengan Simpang Lima, Monumen Tugu Muda, Lawang Sewu, hingga pusat oleh-oleh khas Semarang. Selain itu, kalau mau pergi ke destinasi wisata ngehits di Semarang dan spot wisata kuliner Semarang pun dekat. Tinggal jalan ke shelter BRT Semarang, lalu tanya ke petugas kemana tujuannya. Murah dan puas keliling Semarang!