Tips wisata belanja di Pasar Atom Surabaya

wisata-belanja-pasar-atom.jpg

Surabaya, selain sebagai pusat perkantoran, juga menjadi tujuan belanja grosir untuk dijual kembali. Datang dari daerah, membawa mobil pribadi, lalu memilah dan memilih barang apa saja yang bisa dijual kembali dengan keuntungan lumayan. Bila ini merupakan moment pertama kalinya belanja grosir di Surabaya berikut ini tips wisata belanja di Pasar Atom Surabaya:

Menginap di pusat kota Surabaya
Akses ke Pasar Atom akan semakin mudah bila wisatawan menginap di pusat kota Surabaya. Salah satu rekomendasi hotel yaitu POP! Stasiun Kota - Surabaya. Jarak hotel dengan Pasar Atom hanya 400 meter, atau 5 menit perjalanan dengan jalan kaki. Selain dekat dengan lokasi Pasar Atom, POP! Hotel Stasiun Kota hanya berjarak 2 km dari Pasar Turi dan 7 km dari Tunjungan Plaza Surabaya.

Dari segi layanan kamar, POP! Hotels menyediakan wifi, tv lcd dengan channel internasional, serta kasur dengan ukuran besar. Desain kamar minimalis. Ditambah lagi, front desk 24 jam. Hotel murah dengan harga sewa per kamar per malam mulai Rp. 200 ribuan. Cukup terjangkau dan hemat untuk berwisata belanja di Surabaya.  

Pergi ke pusat grosir naik Surabaya Bus
Bagi yang pertama naik Surabaya Bus, moda transportasi ini merupakan bus dalam kota yang dirilis oleh Pemerintah Surabaya untuk mengurangi angka kemacetan. Hingga saat ini, rute dari Surabaya Bus ini meliputi:
  • Rute selatan ke utara. Berangkat dari Halte Purabaya (Bungurasih) dan berakhir di Halte Rajawali
  • Rute utara ke selatan. Bermula dari Halte Rajawali berakhir di Halte Purabaya       
  • Rute surabaya barat ke timur. Dimulai dari Halte Unesa dan berakhir di Halte ITS
  • Rute surabaya timur menuju ke barat. Berangkat dari Halte ITS berakhir di Halte UNESA (lidah).

Sayangnya, transportasi di surabaya ini belum memiliki jadwal tetap berhenti di shelter. Oleh sebab itu, wisatawan disarankan untuk mengunduh aplikasi GOBIS. Aplikasi ini akan membantu penumpang Surabaya Bus dapat memantau bus terdekat. Sehingga, penumpang secara mandiri memperkirakan waktu tiba bus terdekat.

Apabila berangkat dari Pasar Atom Surabaya, wisatawan dapat naik Subaya Bus di Shelter Pasar Atom yang berada tepat di depan pasar. Selanjutnya, beritahu petugas bus kemana tujuan, mau ke Pasar Turi atau ke Tunjungan Plaza Surabaya yang merupakan pusat grosir di Surabaya. 

Makan siang dan malam di sekitar Pasar Atom
Keliling Pasar Atom dan merasa lapar, silahkan coba masakan legendaris yang ada di sekitar Pasar Atom berikut ini:
  • Nasi cumi. Nasi dengan lauk cumi yang buka selama 24 jam. Selain cumi, nasi cumi akan dihidangkan bersama peyek udang. Lokasinya berada di sebelah gedung lama Pasar Atom.
  • Lontong mie. Lokasinya berada di lantai 2 Pasar Atom. Menu makan berupa lontong yang disajikan bersama mie dalam satu mangkok. 
  • Nasi timbel tip-top. Hidangan satu ini berupa nasi kukus yang dibungkus dengan daun pisang serta ditemani dengan empal, tahu, tempe, sambal, dan sayur asem. Depot nasi timbel berada di lantai 2 Pasar Atom.
  • Bubur madura. Tidak seperti menu masakan sebelumnya, bubur madura dijajakan oleh beberapa penjual di sekitar Pasar Atom. Bubur madura terdiri dari bubur sum-sum, bubur mutiara, bubur ketan hitam, dan bubur candil. Di bagian atas ditabur parutan kelapa dan disiram gula merah.

Apabila kesulitan menemukan depot menu makanan di atas, jangan sungkan untuk bertanya. Yang pasti, menu masakan yang ditulis sebelumnya merupakan makanan populer di kawasan Pasar Atom sehingga mudah untuk ditemui oleh siapapun, bahkan yang baru pertama kali datang di Pasar Atom.

Kirim barang belanjaan memakai bus
Apabila belanja barang di Pasar Atom dalam jumlah banyak, maka sebaiknya memakai bus umum. Namun, bus dipakai untuk mengangkut barang dari pasar langsung menuju rumah, bukan dari Pasar Atom ke hotel.

Sebagian besar bus di Jawa Timur tidak menarik tarif atas barang yang dibawa oleh penumpangnya. Selain irit biaya, barang pun dapat diterima bersamaan saat turun dari bus. Tips ini cukup efektif untuk menghemat biaya transportasi dan pengiriman barang.

Kesimpulan: Tips wisata belanja di Pasar Atom Surabaya
Ketika hendak berbelanja di pasar atom surabaya, wisatawan perlu mempersiapkan beberapa hal seperti penginapan, moda transportasi yang akan digunakan, depot makanan, hingga tips hemat membawa barang belanjaan dari Surabaya ke tempat tinggal. Mengingat Pasar Atom terkenal sebagai pasar grosir di Surabaya, maka akan ada banyak penjual dan pembeli lalu-lalang di dalam pasar. Oleh sebab itu, ada baiknya wisatawan menginap satu atau dua malam di sekitar Pasar Atom. 

Salah satu rekomendasi penginapan dekat dengan Pasar Atom adalah POP! Hotel Stasiun Kota Surabaya. Hotel yang beralamat di Jl. Waspada 58, Surabaya ini hanya berjarak 400 meter dari Pasar Atom. Apabila barang yang dicari tidak ada di Pasar Atom, wisatawan dapat pergi ke Pasar Turi. Jarak POP! Hotel Stasiun Kota ke Pasar Turi hanya 2 km. Cukup dekat bukan?

Bagaimana dengan harga per malam dan fasilitas kamar? Harga sewa per malam hanya Rp. 200 ribuan. Setiap kamar tersedia wifi, tv lcd dengan channel internasional, serta kasur dengan ukuran besar. Desain kamar minimalis dengan dominasi warna putih serta hijau mudah khas POP! Hotels. Apalagi yang ditunggu? Pesan hotel murah pasar atom yaitu POP! Hotel Stasiun Kota dan mari berwisata belanja di Pasar Atom!