Tips tetap produktif saat liburan di Jogja

liburan-di-jogja.jpg

Pilihan ada 2, Bali atau Jogja? Keduanya punya ciri khas masing-masing. Bali dengan berbagai keindahan laut dengan suasana wisatawan mancanegara. Jogja hadir dengan ragam wisata budaya dan murah-meriah. 

Kini, Jogja bertransformasi menjadi wisata produktif selain wisata budaya dan alam. Latar belakang perantau yang sebagian besar merupakan mahasiswa dan berusia produktif, memunculkan pilihan wisata yang berhubungan dengan pekerjaan. Bermunculan working space atau kafe-kafe baru dengan konsep “Working remotely”. Buat kalian yang ingin stay productive kala berkunjung ke Yogyakarta, berikut tips tetap produktif saat wisata ke Jogja.

Pilih wisata Jogja yang dekat dengan pusat Kota Yogyakarta
Karena tema liburan kali ini adalah stay productive, maka opsi wisata Jogja yang dipilih hanya di sekitaran Jogja Kota saja. Di kawasan Jogja Kota, ada beberapa rekomendasi spot wisata seperti Candi Prambanan, Kraton Yogyakarta, Benteng Vredeburg, Tamansari Yogyakarta, Museum Gunung Merapi, Tebing Breksi, Lost World Castle, dan Sindu Kusuma Edupark serta Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark.

Seluruh spot wisata Yogyakarta di atas berada di dalam Kota Yogyakarta sehingga hanya butuh maksimal 30 hingga 60 menit untuk tiba ke lokasi tersebut. Memang, di antara nama-nama spot wisata tersebut tidak ada spot wisata jogja terbaru. Meski demikian, berkunjung ke rekomendasi wisata dalam kota tersebut tetap membuat wisatawan puas berkeliling Yogyakarta.

Bepergian dengan Trans Jogja
Mau berkeliling Jogja? Bingung antara sewa motor, mobil, atau naik taksi/ojek online? Coba naik Trans Jogja. Keliling Jogja hanya bayar Rp. 3.500 sekali naik. Kemanapun pergi, asalkan masih di dalam rute Trans Jogja, maka tarif tetap sama. Sebagai informasi tambahan, Trans Jogja menghubungkan enam titik penting moda perhubungan di Kota Yogyakarta, yaitu:
  • Stasiun Tugu Jogja
  • Terminal Bus Giwangan (Pusat bus antar propinsi dan juga regional)
  • Terminal Angkutan Desa Terminal Condong Catur
  • Terminal Regional Jombor di sebelah utara kota
  • Bandar Udara Adisucipto
  • Terminal Prambanan

Apabila masih asing dengan rute Trans Jogja tersebut, silahkan bertanya ke petugas yang ada di dalam bus atau di shelter saat membeli tiket. Sampaikan kemana tujuan wisata, maka akan diberitahu oleh petugas bus dengan kode apa yang perlu ditumpangi.

Menginap di hotel dekat tugu Jogja
Ke Jogja pasti butuh penginapan yang nyaman dan strategis. Berhubung wisata kali ini yaitu produktif saat liburan, ada baiknya pilih lokasi penginapan yang berada di tengah kota. Akan lebih baik lagi bila akses hotel ke moda transportasi umum Jogja cukup dekat. 

Salah satunya dengan menginap di POP! Hotel Sangaji Yogyakarta, lokasi hotel dekat tugu jogja hanya beberapa meter dari Stasiun Tugu dan sangat dekat dengan shelter atau tempat pemberhentian Trans Jogja. Selain dekat dengan berbagai moda transportasi umum, POP! Hotel Sangaji memiliki ragam layanan dan fasilitas terbaik seperti wifi, deposit box, televisi dengan saluran channel internasional, hingga layanan check-in dan check-out selama 24 jam. 

Kenapa layanan check-in dan check-out 24 jam itu penting? Di Jogja itu, wisata malam lebih seru dan memorable. Bisa jadi wisatawan akan lebih dulu berkeliling Jogja lalu check-in ke hotel. Apalagi bila wisatawan menghabiskan malam dengan menikmati menu makanan angkringan di sepanjang stasiun Tugu Yogyakarta. Bisa pula, berkunjung ke Alun-alun kidul yang notabene terdapat hiburan berupa kendaran ala-ala mobil yang dihiasi lampu berkilauan. Sangat beruntung apabila bisa menjumpai pasar malam di Alun-alun lor Jogja. Wisatawan pasti akan pulang malam kalau sudah terlena dengan wisata malam ala Jogjakarta ini.

Kerja santai di coworking space Jogja
Setelah berkeliling ke beberapa wisata di kawasan Jogja Kota, wisatawan dapat duduk dan membuka laptop sejenak untuk memeriksa pekerjaan atau tugas kantor di coworking space Jogja. Jogja mulai dikenal sebagai kawasan dengan kafe yang berkonsep coworking space. 

Di Working space, pengunjung dapat mengerjakan tugas secara lebih santai, bercengkrama dengan kawan soal tugas, hingga bekerja mandiri dengan suasana ala-ala kantor di Jakarta yang riweuh dengan obrolan dan aktivitas rekan kerja. 

Di Yogyakarta ada banyak ruang kerja berupa kafe-kafe kecil di tengah kota. Berdasarkan pengalaman penulis, hampir sebagian besar kafe di Jogja kini menyediakan meja dan kursi yang nyaman untuk mengerjakan tugas kantor atau sekedar mengecek review pekerjaan dari atasan.

Kalau tiba-tiba perlu ruang meeting, apakah ada solusi? Rekomendasi meeting room Jogja dengan kapasitas hingga 60 klien yaitu POP! Hotel Sangaji. Meski terkenal dengan layanan hotel, POP! Hotels menyediakan fasilitas ruang meeting yang cocok untuk presentasi proposal dengan klien potensial. Fasilitas yang ada pun cukup lengkap sehingga memudahkan wisatawan mengadakan meeting dadakan dengan klien dadakan pula.

Kesimpulan: Tips tetap produktif saat wisata ke Jogja
Ke Jogja tidak hanya liburan dan menghabiskan uang untuk belanja oleh-oleh. Wisatawan pun dapat tetap productive dengan tips tetap produktif saat wisata ke Jogja. Mulai dari pemilihan penginapan, destinasi wisata, jenis transportasi hingga spot mengerjakan tugas yang nyaman. 

Tentang tempat menginap, selalu pilih hotel yang berada di tengah kota. Setidaknya, hotel yang dekat Stasiun Tugu Jogja. Salah satu rekomendasi terbaik yaitu menginap di POP! Hotel Sangaji Yogyakarta. Lokasi dekat dengan Stasiun Tugu dan Shelter Trans Jogja. Hotel murah dengan layanan kamar lengkap, harga sewa per malam di kisaran Rp. 200 ribuan hingga Rp. 300 ribuan. Sangat terjangkau. Pesan kamar sekarang!