Tips liburan singkat di Surabaya

liburan-singkat-surabaya.jpg

Harus transit pesawat di Juanda? Sekalian saja mampir di Surabaya. Ada banyak kawasan wisata yang bisa dieksplor di Surabaya. Meski hanya mampir sejenak, tidak ada salahnya keliling Surabaya. Wisatawan pasti akan merasa puas dengan tips liburan singkat di Surabaya berikut ini:

Pilih bus damri bandara untuk ke kota
Di bandara seringkali terlihat taksi yang berjejer di depan pintu keluar. Namun, apakah sudah tahu kalau dari Bandara Juanda bisa naik bus damri? Moda transportasi ini merupakan inisiasi dari Pemerintah Surabaya dan pihak Bandara Juanda. Rute yang ramai penumpang yaitu Bandara Juanda ke Terminal Bungurasih Sidoarjo dan Terminal Bunder Gresik.

Untuk harga tiket, tarif bus damri dibedakan berdasarkan tujuan yaitu:
  • Dari Bandara Juanda menuju Terminal Bungurasih Rp. 30 ribu.
  • Dari Terminal Bungurasih menuju Bandara Juanda Rp. 20 ribu.
  • Dari Bandara Juanda menuju Terminal Bunder Gresik (PP) Rp. 35 ribu.
  • Dari Jember menuju Surabaya (fasilitas AC dengan perjalanan selama 5 Jam) Rp. 330 ribu.

Apabila naik bus damri dan turun di Terminal Bungurasih, wisatawan dapat melanjutkan perjalan ke beberapa wisata belanja Surabaya. 

Menginap di hotel dekat bandara Juanda
Selesai jalan-jalan singkat di Surabaya, ada baiknya menginap di lokasi yang berada di dekat Bandara Juanda. Supaya sewaktu berangkat ke bandara, tidak tergesa-gesa dan terjebak macetnya Surabaya. Salah satu rekomendasi hotel dekat Bandara Juanda yaitu POP! Hotel Gubeng. Kenapa POP! Hotel Gubeng? Letak hotel 45 menit dari Bandara Juanda, 5 menit dari Stasiun Gubeng, dan cukup dekat dengan fasilitas umum lain seperti RS Siloam, Grand City Mall & Convention Hall, Surabaya Plaza dan Tunjungan Plaza.

Dari sisi letaknya sudah, lalu bagian layanan dan fasilitas kamarnya? Masing-masing kamar akan mendapat wifi, hot dan cold shower, televisi flat dengan channel mancanegara, serta garis morning bites (semacam makanan ringan di pagi hari). 

Belanja di pusat grosir terbesar di Surabaya
Bagi sebagian masyarakat di Jawa Timur, Surabaya merupakan pusat grosir berbagai barang. Bila dijual kembali di daerah, keuntungan yang didapat masih lumayan. Setiap hari, berbagai pedagang  melakukan transaksi jual dan beli di pusat-pusat grosir Surabaya. Bila masih asing dengan mall atau pasar grosir di surabaya, coba simak daftar di bawah ini:

Pasar Atom. Menjual barang (fashion pria dan wanita) dan makanan khas Surabaya dengan harga murah. Jarak dari POP! Hotel Gubeng ke Pasar Atom hanya 11 menit perjalanan menggunakan mobil.
ITC Surabaya. Lokasi di seberang Pasar Atom. Ada berbagai macam produk fashion seperti baju, tas, sepatu, mainan, hingga kebutuhan rumah tangga . Dijual secara grosir serta ecer.
Pusat Grosir Surabaya. Dikenal juga sebagai pusat “kulakan”. Barang yang dijual meliputi produk fashion, kosmetik, hingga kebutuhan rumah tangga.
Pasar Turi. Produk yang dijajakan berupa kebutuhan dasar, penjahit, dan penjual sandal serta sepatu. Ada pula produk macam pakaian, peralatan rumah tangga, elektronik. Sebagian besar dijual secara grosir. 

Belanja secara grosir memang hemat. Namun, selalu ingat dengan biaya bagasi. Jangan sampai karena barang murah, semua dibeli dan pada akhirnya muncul biaya bagasi. Kan kalau dihitung-hitung jadi tidak murah lagi. 

Mencicipi makanan pinggir jalan
Lanjut ke wisata kuliner khas Surabaya. Puas memilah dan memilih beragam produk grosir di pusat grosir Surabaya, perut pasti merasa lapar. Ini waktunya mencicip makanan khas Surabaya. Rekomendasi makanan yang patut dicoba yaitu nasi cumi, rawon setan, lontong balap, sate klopo, dan nasi goreng jancuk. 

Selain beberapa menu makanan itu, sebenarnya ada banyak lagi menu masakan khas Surabaya lainnya. Namun, mengeksplor wisata kuliner Surabaya butuh waktu lumayan banyak. Mengingat lokasi dari satu tempat ke tempat lainnya cukup jauh. Apalagi dengan macet di perjalanan. 

Lanjut nongkrong saat malam hari
Di Surabaya, lebih seru bila wisatawan menghabiskan malam di warung kopi. Alasannya, suasana malam di warung-warung kopi di Surabaya itu ramai dan selalu dipenuhi oleh penikmat kopi. Riuh ramainya surabaya pun amat sangat terasa. Liburan singkat di Surabaya pun jadi lebih menyenangkan. 

Dimana lokasi warung kopi di Surabaya? Ada banyak sekali, berikut beberapa rekomendasi nama warung kopi dan alamatnya:
  • Warung kopi Angkringan 27. Jalan Ketintang No. 179A, Surabaya
  • Warung kopi Salman Caffe. Jalan Raya Tempurejo No. 44, Dukuh Sutorejo, Mulyorejo, Surabaya
  • Warung kopi Kindys Donut. Jalan Pulo Wonokromo No. 299, Surabaya
  • Warung kopi Sahabat Java. Jalan Banyu Urip No. 34, Surabaya
  • Warung kopi Gus Dur. Jalan Kalijudan, Mulyorejo, Surabaya
  • Warung kopi Ramonez. alan Raya Menur No. 22, Airlangga, Surabaya
  • Warung kopi Mahabarata. Kalijudan, Mulyorejo, Surabaya
  • Warung kopi 61245 CJDW 99. Jalan Banyu Urip No. 215, Banyu Urip, Sawahan, Surabaya

Menu andalan di masing-masing warung kopi hampir sama, yaitu kopi dan aneka gorengan. Suasana ramai pun pasti ditemui di masing-masing warung kopi itu. Ada kursi dan meja panjang, tempat luas, serta parkiran motor yang berderet-deret di depan warung kopi. Suasana malam wisatawan di Surabaya pasti wow banget!

Kesimpulan: Tips liburan singkat di Surabaya
Surabaya sering menjadi lokasi transit saat naik pesawat. Tidak banyak yang mau mencoba liburan singkat di Surabaya. Padahal di Surabaya, ada banyak sekali wisata yang patut dieksplor hanya dalam 24 jam saja. Mulai dari pusat grosir, menu makanan khas, hingga warung-warung kopi yang selalu ramai di malam hari. 

Jangan lupa, pesan kamar penginapan di lokasi yang dekat dengan berbagai fasilitas umum. Dekat dari bandara, stasiun, rumah sakit, hingga mall atau pasar. Hotel yang sesuai dengan kriteria tersebut yaitu POP! Hotels. Hotel murah dengan harga per malam mulai dari Rp. 200 ribuan dengan fasilitas kamar yang super lengkap mulai dari hot-cold shower hingga layanan sarapan. Pesan kamar sekarang!