Tips lengkap liburan di Solo Raya

tips-liburan-solo.jpg

Solo dan Jogja itu hampir sama. Yang membedakan, Solo identik dengan pusat belanja atau grosir tekstil murah di kawasan Jawa Tengah. Sedangkan Jogja, terkenal dengan wisata budaya dan oleh-oleh khas keraton Ngayogyakarta. Kalau berencana ke Jogja, cobalah eksplor wisata Solo Raya juga. 

Solo Raya merupakan kawasan yang terdiri dari Kota Surakarta, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Boyolali. Karena cakupan wilayah yang cukup luas, wisatawan akan mendapat pengalaman liburan yang beragam, tidak hanya wisata belanja saat berwisata di Solo Raya. Tertarik? Begini tips lengkap liburan di Solo Raya:

Dari Yogyakarta, naik bus tujuan Surabaya tapi turun Klaten
Kalau beranjak dari Jogja, pilih bus jurusan Surabaya moda transportasi menuju lokasi wisata Solo Raya. Ada banyak bus menuju Surabaya dari Yogyakarta seperti Mira, Eka, dan Sumber Rahayu. Jangan lupa, bilang ke kondektur bahwa mau turun di Klaten (sebagai destinasi awal).

Bila bus dirasa kurang nyaman, maka ada prameks (kereta Solo - Yogyakarta PP). Namun, jadwal prameks tidak fleksibel. Tidak jarang, tiket prameks habis bila pembelian dilakukan di jam keberangkatan. Balik lagi, solusi paling ideal yaitu naik bus jurusan Surabaya. 

Kenapa tidak baik bus Jurusan Solo? Sebenarnya ada bus jurusan Jogja - Solo. Namun, seringkali laju dari bus rute Solo - Jogja ini kurang begitu cepat. Oleh sebab itu, ada baiknya bila ingin mulai liburan di Solo Raya, bus jurusan Surabaya merupakan pilihan terbaik. 

Eksplor ragam umbul di Klaten
Umbul atau mata air Klaten sangat ngehits di Instagram. Salah satunya yaitu Umbul Ponggok. Di sini, wisatawan akan mendapat pengalaman berenang di umbul dengan air jernih berkedalaman 1,5-2,5 meter. Yang unik, di dalam kolam terdapat sepeda, vespa, meja, kursi, televisi, laptop, becak, tenda dan masih banyak lagi yang bisa dipakai sebagai properti foto bawah air. Apalagi, ada pula ratusan ikan air tawar di dalam umbul ini.

Selain Umbul Ponggok, ada Umbul Manten dan Kapilaler. Bedanya dengan Umbul Ponggok, kedua umbul ini masih asri dengan pepohonan yang berada di tepian umbul. Airnya sangat jernih sehingga para wisatawan dapat melihat dasar umbul yang dipenuhi oleh bebatuan dan pasir. Keduanya memiliki kedalam 1,5 meter. Bagi wisatawan yang ingin menikmati sensai umbul yang masih asli dan asri, Umbul Manten dan Kapilaler merupakan destinasi yang cocok. 

Satu lagi, Umbul Brondong. Wisata umbul klaten ini tidak begitu familiar sebagai destinasi wisata Klaten. Alasannya, akses menuju ke lokasi cukup sulit karena berada di tengah area persawahan. Ciri khas dari Umbul Brondong yaitu mata airnya dipercaya untuk terapi kesehatan sebab memiliki kandungan mineral hingga 7,8 pH. Karena tidak banyak wisatawan yang datang, Umbul Brondong masih asri. Yang unik, umbul ini mendapat atap alami dari pohon besar yang rindang yang berasal dari bagian tepi.

Setelah puas menyegarkan tubuh di berbagai umbul di Klaten, lanjutkan perjalanan wisata Solo raya ke Boyolali. Letak Boyolali beririsan dengan Klaten. Jadi akses ke wisata Boyolali cukup dekat. 

Wisata kuliner di Boyolali
Kalau Boyolali, waktunya berwisata kuliner. Di sini, ada banyak sekali tempat makan yang khas dengan Makanan Jawa Tengah. Beberapa menu yang banyak dijajakan diantaranya soto, sate kambing, bebek goreng, nasi pecel, olahan iga, jenang pecel, tahu susu, dan sambel tumpang.

Lokasi resto yang menyajikan menu makanan tersebut sangat banyak dan berada di antara jalur alternatif Klaten - Boyolali. Wisatawan dapat menemukan lokasi masing-masing warung atau resto dengan memasukkan nama menu makanan ke Google Maps. Selanjutnya, akan muncul daftar warung sesuai menu yang dicari. Pastikan memilih resto dengan feedback positif dari pengunjung sebelumnya. Selain itu, pilih pula tempat wisata kuliner Boyolali yang memiliki interior khas Jawa supaya sensasi saat makan semakin memorable.

Belanja grosir di Kota Surakarta
Saatnya membeli oleh-oleh dan barang grosir murah-meriah. Yup, betul sekali. Kota Surakarta lebih sering dikenal oleh pelaku bisnis sebagai tempat membeli bahan tekstil secara grosir. Bagi wisatawan, ini merupakan surga belanja baju murah. 

Pusat grosir yang sering dikunjungi wisatawan yaitu Beteng Trade Center, Pusat Grosir Solo atau biasa dikenal PGS, Pasar Klewer, Pasar Gede, dan Pasar Triwindu. Dari nama-nama pusat grosir dan pasar tersebut, tidak semuanya menjual pakaian. Pasar Gede sering dikenal sebagai pusat pasar tradisional Solo yang menyediakan aneka bahan kebutuhan pokok, seperti makanan. Sedangkan Pasar Triwindu merupakan pasar barang antik. Sisanya merupakan pasar grosir sandang, entah berupa bahan atau pakaian jadi.

Pilih Hotel di solo sebagai tempat beristirahat
Sebelum lanjut ke tempat wisata Solo raya berikutnya, ada baiknya bila wisatawan menginap di kawasan Solo dan memilih hotel murah. Pemilihan lokasi di tengah kota dimaksudkan untuk memudahkan wisatawan mengakses moda transportasi saat pulang. Salah satu rekomendasi hotel murah yang memenuhi kriteria tersebut yaitu POP! Hotel Solo. 

POP! Hotel Solo merupakan salah satu hotel di solo yang dekat dengan Adi Sumarmo International Airport, Stasiun Purwosari, Stasiun Balapan, Stasiun Jebres, dan Terminal Tirtonadi Solo. Dilihat dari layanan dan fasilitas di dalam kamar, POP! Hotel Solo menyediakan fasilitas wifi, televisi dengan channel internasional, deposit box, dan kasur dengan king-size. Bila ingin melanjutkan perjalanan ke lokasi wisata berikutnya, wisatawan dapat mengakses transportasi melalui Shelter Batik Solo atau ke Terminal Tirtonadi Solo. 

Pergi ke kawasan puncak Tawangmangu, Karanganyar
Dari Terminal Tirtonadi, wisatawan dapat menuju ke Tawangmangu dengan menaiki Bus Antar Jaya, Langsung jaya, dan lain-lain. Silakan bertanya pada petugas terminal untuk info bus mana yang dapat mengantar wisatawan ke Tawangmangu.

Kenapa ke Tawangmangu? Di Kabupaten Karanganyar, kawasan wisata paling terkenal yaitu Tawangmangu. Di sana, ada banyak sekali resto, wahana bermain, hingga pemandangan khas pegunungan. Jangan lupa membawa jaket ketika hendak menuju Tawangmangu. 

Beberapa rekomendasi wisata Tawangmangu Karanganyar yang Paling Hits yaitu Telaga Sarangan, Kebun Teh Kemuning, Taman Ria Balekambang, Candi Cetho, Agrowisata Sondokoro, Agrowisata Amanah, Museum Purbakala Dayu, Bukit Sekipan, Telaga Madirda, Air Terjun Parang Ijo, Air Terjun Pringgodani, Grojokan Sewu, Situs Purbakala Menggung, dan Wisata Petik Strawberry. 

Yang perlu digaris bawahi saat liburan di Tawangmangu, sebagian besar spot wisata merupakan wisata alam. Sepanjang perjalanan menuju destinasi-destinasi tersebut, ada banyak sekali resto dan wahana aktivitas outdoor. Wisatawan dapat memilih mana yang sesuai selera masing-masing. 

Jalan-jalan ke wisata alam Wonogiri 
Hampir mirip dengan Tawangmangu, tetapi tidak begitu “menyebar” infonya di kalangan wisatawan. Wonogiri merupakan salah satu Kabupaten di Solo Raya yang letaknya di sebelah selatan Kota Surakarta. Tidak banyak yang tahu soal Kabupaten ini, padahal terdapat wisata alam nan indah di dalamnya. 

Rekomendasi tempat wisata Wonogiri terbaru & terhits yaitu Telaga Claket, Waduk Gajah Mungkur, Air Terjun Kalimas, Museum Wayang Indonesia, Sendang Asri, dan Puncak Joglo.

Nah, tempat-tempat destinasi wisata tersebut bisa diakses dengan mudah dengan menggunakan bus dari Terminal Tirtonadi. Lalu, lanjutkan perjalanan ke tempat wisata dengan menggunakan ojek atau angkutan lain yang bisa menjelajah ke lokasi-lokasi wisata. 

Destinasi situs purbakala di Sragen 
Sragen sering dikenal sebagai kawasan penemuan fosil Meganthropus Palaeojavanicus. Ya, itu betul. Namun, wisata Sragen bukan hanya itu. Selain museum Prasejarah Sangiran, ada pula berbagai tempat wisata yang berada di Kabupaten Sragen. 

Rekomendasi wisata di Sragen yaitu Ganesha Technopark, Waduk Kedung Ombo, Gunung Kemukus, Pemandian Air Panas Bayanan, Taman Dayu Alam Asri, Sentral Batik Dewi Arum, Wisata Alam Betisrejo, Makam Joko Tingkir, Waduk Blimbing, Wisata Kedung Grujug, Ndayu Park, Gunung banyak, dan Air Terjun DungJengglong.

Akses menuju wisata Sragen ini dimulai dari Terminal Tirtonadi Solo. Bisa memilih bus jurusan Surabaya tapi turun di Sragen atau bus kecil yang rutenya merupakan Sragen.

Kesimpulan: Tips lengkap liburan di Solo Raya
Bila berencana liburan di Solo, maka faktor transportasi merupakan yang pertama diperhatikan. Meskipun di Solo Kota terdapat kereta wisata solo dan bus tingkat solo, tetapi rute yang dilalui hanya di kawasan Solo Kota. 

Lokasi penginapan yang strategi akan memudahkan wisatawan untuk berkeliling Solo Raya dengan mudah. Pilih POP! Hotel Solo yang masuk kategori hotel murah. Tersedia 189 kamar yang masing-masing memiliki fasilitas wifi, televisi dengan channel internasional, deposit box, dan kasur dengan king-size. Bila berangkat dari POP! Hotels, wisatawan dapat pergi ke berbagai wisata solo melalui Shelter Batik Solo atau ke Terminal Tirtonadi Solo. Dari situ, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke berbagai kabupaten yang berada di kawasan Solo Raya. Yuk, pesan kamar sekarang!