Tips Sukses Mengatur Pertemuan Bisnis di Jakarta

Bagi para pengusaha atau eksekutif perusahaan, pertemuan bisnis menjadi momen penting untuk keberlanjutan usaha atau pekerjaan. Banyak hal yang harus diperhatikan saat menyiapkan pertemuan bisnis. Biasanya orang memilih tempat strategis dan punya banyak akses untuk melakukan pertemuan bisnis di Jakarta. 

Sebagai pusat bisnis dan industri, banyak pertemuan bisnis digelar di Jakarta karena memang didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Meski saat ini komunikasi digital sudah berkembang dengan baik, namun pertemuan tatap muka tetap diperlukan untuk membicarakan hal-hal yang krusial. 

Selain bisa menghasilkan kesepakatan bisnis yang saling menguntungkan kedua belah pihak, pertemuan tatap muka juga diharapkan bisa meninggalkan kesan baik pada klien atau mitra bisnis. Lewat pertemuan tatap muka, kedua belah pihak bisa saling membangun kepercayaan dan bisa lebih memahami karakter masing-masing. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah membina relasi untuk kerjasama jangka panjang.

Agar pertemuan bisnis yang dilakukan berjalan sukses dan lancar, berbagai persiapan perlu dilakukan. Berikut beberapa tips yang bisa menjadi acuan buat Anda agar pertemuan bisnis yang diselenggarakan di Jakarta meraih sukses. 

1. Pilih lokasi dengan baik
Pemilihan lokasi pertemuan yang tepat akan membantu dalam mencapai tujuan pertemuan. Selain pertimbangan letak dan kemudahan akses, pilihlah tempat pertemuan yang mendukung suasana. Ada baiknya melakukan pertemuan di luar kantor untuk menghindari dari kejenuhan. Kenyamanan menjadi faktor utama yang dibutuhkan setiap peserta pertemuan. Sebagai contoh, Anda bisa memilih hotel murah di Jakarta sebagai lokasi pertemuan dengan klien. 

Sesuaikan juga ukuran tempat pertemuan yang dipilih dengan jumlah peserta pertemuan. Jangan sampai ada pihak yang merasa tidak nyaman karena lokasi pertemuan yang tidak kondusif. Hindari tempat bising dan ramai yang bisa mengganggu konsentrasi saat melakukan pertemuan.

Bila membutuhkan ruang pertemuan khusus, sesuaikan besar ruangan dengan jumlah peserta. Jangan sampai pertemuan yang hanya diikuti 10 peserta tetapi dilakukan di tempat dengan kapasitas 40 orang, demikian juga sebaliknya. Pilihlah ruang pertemuan yang sesuai dan nyaman. 


2. Tentukan agenda 
Sebelum memulai perteman, pastikan Anda sudah mengetahui dengan pasti agenda apa saja yang akan dibahas selama pertemuan. Dengan mengetahui topik yang akan diperbincangkan Anda bisa lebih fokus sehingga pertemuan berlangsung dengan efisien. Jangan sampai terlambat datang ke lokasi pertemuan karena itu akan mengganggu agenda dan jadwal pertemuan. 

Agar pertemuan berjalan efektif, usahakan untuk menghindari pembicaraan yang tidak ada dalam agenda. Hal ini untuk menghindari Anda dari kesepakatan mendadak yang belum dipertimbangkan dengan matang. 

Anda juga bisa memperkirakan lamanya pertemuan sehingga bisa menyesuaikan hidangan untuk konsumsi yang tepat  misalnya apakah cukup dengan cemilan ringan atau harus dilengkapi dengan hidangan utama untuk agenda makan bersama. Mengetahui agenda pertemuan dengan baik juga akan membantu Anda mengumpulkan sebanyak mungkin informasi mengenai topik yang akan dibahas. 


3. Ketahui audiens
Penting bagi penyelenggara untuk mengetahui latar belakang pendidikan dan bidang usaha yang ditekuni oleh peserta pertemuan. Hal ini untuk menyesuaikan dengan materi yang akan dibicarakan dalam pertemuan. Anda juga perlu menyesuaikan tempat meeting dengan jumlah peserta yang hadir. 

Pastikan bahwa ruang meeting yang disiapkan bisa menampung seluruh peserta agar semua peserta bisa masuk ke ruang pertemuan. Ruangan yang nyaman dan dengan ukuran yang pas akan memberi rasa tenang dan menjamin tercapainya kondusifitas selama kegiatan berlangsung sehingga memudahkan dalam mencapai kesepakatan bisnis. 


4. Sediakan fasilitas pendukung yang tepat
Agar pertemuan bisnis yang sudah Anda rencanakan berjalan lancar, jangan lupa untuk mengecek seluruh fasilitas pendukung yang diperlukan. Bila pertemuan lebih dari tiga orang tak ada salahnya Anda menyiapkan sound system yang memadai seperti mikrofon dan speaker. 

Manfaatkan perkembangan teknologi untuk menyediakan smart meeting room. Penggunaan peralatan elektronik nirkabel akan memudahkan selama proses pertemuan. Siapkan juga peralatan pendukung seperti proyektor, dan papan tulis digital. Atur suhu ruangan dengan baik agar suasana pertemuan menjadi lebih menyenangkan. 


5. Siapkan meeting room yang nyaman 
Salah satu tantangan saat mengadakan pertemuan bisnis di Jakarta adalah memilih meeting room yang nyaman dan strategis. Hidup di Jakarta mengharuskan setiap orang untuk bertarung menghadapi macet setiap harinya, Karena itu memilih tempat pertemuan bisnis yang nyaman dan strategis akan membantu Anda terhindar dari kejenuhan dan stress pada saat pertemuan bisnis berlangsung. 

Ruang pertemuan yang nyaman dan santai akan membantu Anda membangun suasana yang hangat selama pertemuan. Lingkungan yang baik akan membuat suasana hati menjadi lebih baik sehingga tercapai kesepakatan yang saling menguntungkan pula. 


Melakukan pertemuan bisnis yang sudah terencana dengan baik akan memberi rasa nyaman pada kedua belah pihak. Jangan lupa untuk selalu mengakhiri pertemuan bisnis dengan kesepakatan yang jelas dan dipahami sama oleh kedua belah pihak. Pastikan semua hal yang dibicarakan dirangkum dan didistribusikan kepada kedua pihak untuk lebih memudahkan dalam menentukan langkah lanjutan. 

Mengadakan pertemuan bisnis di Jakarta kini menjadi lebih mudah karena banyaknya pilihan meeting room Jakarta yang bisa Anda pakai. Namun, Anda harus pastikan memilih meeting room dengan suasana kondusif dan nyaman seperti meeting room yang ada  di POP! Hotels Jakarta. 

POP! Hotels Jakarta merupakan jaringan hotel murah di Jakarta dengan fasilitas yang mendukung pertemuan bisnis. Semua hotel dalam jaringan POP! Hotels Jakarta sudah dilengkapi dengan meeting room yang bisa menampung 30 peserta bahkan lebih. Anda tinggal memilih lokasi yang sesuai dengan kebutuhan. Bila ingin menghindari kemacetan, Anda bisa memilih meeting room di POP! Hotel Kelapa Gading atau POP! Hotel Kemang. 

Bila ingin mendapatkan lokasi pertemuan yang strategis dan berada dekat pusat ekonomi dan bisnis Anda bisa memilih POP! Hotel Pasar Baru dan POP! Hotel Tebet. Kedua lokasi ini memiliki akses yang sangat mudah ke pusat kota dan bisa dijangkau dari berbagai arah di Jakarta. 

Memilih lokasi pertemuan di POP! Hotels Jakarta juga akan memudahkan Anda dan klien. Bila ingin suasana lebih santai dan rileks, Anda bisa sekalian memesan kamar di lokasi POP! Hotels yang dipilih. Hotel murah di Jakarta ini dilengkapi fasilitas penunjang di setiap kamar yang memanjakan tamu seperti AC, TV layar datar dan wifi 24 jam non stop Anda bisa lebih santai dan tidak takut terlambat untuk sampai ke lokasi pertemuan. 

Menginap dan melakukan pertemuan bisnis di POP! Hotels Jakarta akan memberi Anda ruang yang lebih nyaman. Dengan desain hotel pop dan modern Anda bisa bersantai dan terbantu dalam mendapatkan inspirasi baru. 

POP! Hotels Jakarta merupakan hotel murah yang tepat untuk Anda melakukan pertemuan bisnis sekaligus menginap saat berada di Jakarta.