Tips Liburan Seru dan Hemat di Jakarta ala Backpacker

Jakarta tak pernah kehilangan pesona sebagai kota tujuan wisata favorit di Indonesia. Sebagai ibukota negara, kota bisnis dan industri, Jakarta menyimpan magnet yang membuat orang dari berbagai daerah di Indonesia dan bahkan dari mancanegara ingin datang dan berkunjung ke Jakarta. 

Banyaknya destinasi wisata andalan di Jakarta bahkan waktu satu pekan tak cukup untuk berkeliling dan menjejak di seluruh lokasi wisata. Agar bisa memaksimalkan waktu selama berlibur di Jakarta, Anda perlu cermat dalam mengatur rencana liburan. Meskipun waktunya singkat, liburan tetap harus menyenangkan. Akan lebih seru lagi bila Anda bisa merencanakan liburan hemat yang ramah di kantong. 

Saat merencanakan liburan hemat ada baiknya Anda mencari teman agar lebih menghemat biaya. Anda bisa berbagi kamar sehingga bisa berbagi budget dengan teman tersebut. Selain itu Anda juga bisa berbagi biaya transportasi untuk transportasi yang bisa dipakai bersama seperti taksi atau bajaj. 

Selain menerapkan prinsip sharing cost, berikut beberapa tips lainnya yang bisa Anda lakukan agar bisa menikmati liburan seru dan hemat ala backpacker selama berada di jakarta. 

1. Pilih transportasi publik 
Jakarta menarik untuk tujuan wisata murah karena banyaknya pilihan transportasi publik yang bisa dimanfaatkan. Baiknya layanan transportasi umum dan mudahnya akses untuk mendapatkan transportasi murah membuat Anda bisa memangkas biaya. 

Terdapat lima transportasi unggulan di Jakarta yaitu kereta listrik, bus transjakarta mass rapid transport, . metromini, dan angkutan kota. Publik bisa memilih transportasi yang cocok dengan cakupan rute yang luas. Bila ingin menjangkau daerah penyangga Jakarta dengan cepat dan tanpa macet seperti menuju Bogor dan Bekasi, Anda bisa menggunakan KRL. Kereta Commuter Line merupakan layanan kereta rel listrik yang dioperasikan PT Kereta Commuter Indonesia, yaitu anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (PT KAI).

Saat ini KRL menjadi transportasi unggulan karena waktu tempuh yang lebih singkat dibanding transportasi lain. Ada lagi transportasi primadona baru yang tak kalah cepat dari KRL yaitu MRT. Sayangnya, rute MRT masih terbatas. Selain cepat, KRL juga lebih unggul karena biayanya murah. 

Moda transportasi unggulan lainnya adalah trans Jakarta. Kelebihan menggunakan trans Jakarta adalah rutenya yang saling terkoneksi satu sama lain. Armadanya pun banyak sehingga relatif nyaman untuk menempuh jarak pendek dalam kota. 

2. Kunjungi tempat wisata murah 
Ada banyak pilihan tempat wisata murah tetapi sangat atraktif dan menarik di Jakarta. Berkunjung ke objek wisata ini akan memberi banyak pengalaman kepada setiap pengunjung namun tidak menguras kantong. Mayoritas tempat wisata ini dikelola oleh pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. 

Beberapa pilihan tempat wisata di Jakarta terkenal murah karena tidak mengenakan tiket masuk kepada pengunjung yang datang. Beberapa tempat tersebut seperti monumen nasional (monas), kota tua, dan pelabuhan Sunda Kelapa. Ada juga tempat wisata yang dikenakan tiket tetapi dengan tarif yang rendah, seperti museum nasional, kebun binatang ragunan, museum fatahillah, museum bank indonesia, dan Taman Mini Indonesia Indah. 

Meski tidak mematok tiket masuk yang mahal, tempat wisata di Jakarta relatif bagus dan menarik karena terawat dengan baik. Pengelola biasanya memberikan panduan kepada pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat wisata sehingga tetap nyaman untuk didatangi.

3. Cari kuliner murah
Saat liburan, kebutuhan akan konsumsi biasanya memakan porsi anggaran cukup besar. Untuk menghemat anggaran makan, Anda harus pintar dalam mengatur menu. Untungnya biaya makan di Jakarta bisa ditekan dengan memilih tempat makan murah yang ada di seluruh penjuru kota.

Agar bisa mendapat makanan murah, usahakan makan di tempat makan biasa. Hindari makan di tempat makan yang ada di lokasi objek wisata. Biasanya biaya makan di sekitar tempat wisata lebih mahal dibanding tempat makan biasa. Makan di warung milik UMKM dan penduduk lokal biasanya juga jauh lebih murah dibanding makan di restoran. 

Memilih tempat makan murah bisa dilihat dari jumlah menu dan cara penyajian hidangan. Belilah makan di warung makan yang banyak dibeli masyarakat setempat. Bila perlu bawa bekal saat berkunjung ke tempat wisata agar tidak kesulitan untuk mencari tempat makan murah. 

Ada banyak tempat makan murah di Jakarta dengan budget di bawah Rp 30.000,- Anda bisa mencoba makan pasar di area food court Jalan Sabang, Bendungan Hilir, atau area Nasi Kapau di simpang pasar Senen yang buka di malam hari. Selain itu juga ada area UMKM pada beberapa food court di pusat perbelanjaan di Jakarta. 


4. Pilih hotel murah
Untuk urusan akomodasi, pilihlah hotel murah yang cocok dengan budget backpacker. Namun harus diingat, memilih hotel murah bukan berarti dengan fasilitas seadanya ya. Tetap perhatikan kualitas layanan dan kelayakan fasilitas yang disediakan. 

Hotel murah biasanya tidak berada terlalu dekat dengan pusat perbelanjaan. Agar mendapat harga lebih murah, upayakan memesan hotel jauh hari dan memanfaatkan promo hotel atau promo diskon. Hotel backpacker biasanya menyediakan kamar dan rate yang terjangkau namun dengan fasilitas yang memadai.

Salah satu pilihan hotel backpacker yang cocok untuk Anda yang membutuhkan penginapan murah adalah POP! Hotel Kelapa Gading. Hotel di Kelapa Gading ini berlokasi di Jalan Boulevard Kelapa Gading. Letaknya strategis membuat Anda dengan mudah mengakses transportasi publik untuk menuju sejumlah destinasi wisata unggulan di Jakarta. 

POP! Hotel Kelapa Gading merupakan hotel backpacker yang memiliki 266 kamar modern. Setiap kamar dilengkapi dengan fasilitas seperti AC, TV layar datar, wifi 24 jam non stop dan brankas. Hotel di Kelapa Gading ini juga dilengkapi dengan fasilitas pertemuan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan dengan budget yang terbatas. 


Menikmati liburan di Jakarta tak akan lengkap sebelum Anda mengabadikan setiap kenangan. Karena itu jangan lupa untuk menyediakan dokumentasi di setiap destinasi wisata yang didatangi. Bila perlu belilah oleh-oleh sebagai kenang-kenangan bahwa Anda pernah berkunjung ke spot wisata andalan Jakarta. 

Sebagai contoh, saat berkunjung ke Monas Anda bisa membeli souvenir gantungan kunci dengan miniatur monas, atau bisa juga membeli baju kaos dengan sablon gambar monas. Begitu pula saat berkunjung ke Ragunan dan kota tua. Setiap spot wisata di Jakarta biasanya menyediakan tempat penjualan oleh-oleh untuk dijadikan buah tangan.

Liburan murah di Jakarta akan tetap menyenangkan dengan pilihan hotel yang tepat. Di POP! Hotel Kelapa Gading, Anda bisa bersantai dan rileks semalaman setelah seharian puas berkeliling Jakarta. Bagi Anda yang ingin melengkapi liburan di Jakarta dengan berkunjung ke Ancol dan Dunia Fantasi, menginap di hotel di Kelapa Gading akan menjadi pilihan tepat karena jaraknya yang dekat. 

Bila masa liburan telah berakhir, dari POP! Hotels, Anda bisa dengan mudah menuju Bandara Soekarno Hatta atau stasiun gambir untuk melanjutkan perjalanan pulang ke kota asal.