Surabaya city explore: rekomendasi wisata khas kota metropolitan

wisata-khas-surabaya.jpg

Saatnya mencoba liburan ala metropolitan di Surabaya. Tidak ada danau, tepi pantai, atau bahkan curug yang mengharuskan wisatawan menembus lebatnya pepohonan. Di Surabaya yang ada hanya berbagai lampu dan gedung yang menjulang tinggi. Bagi sebagian orang, suasana tersebut amat membosankan. Namun, tidak bila ada rekomendasi wisata khas kota metropolitan di Surabaya.

Kemana-mana naik Surabaya Bus
Mirip dengan Trans Jogja dan Trans Jakarta, tetapi berbeda dari sisi penamaan saja. Bila berlibur di Surabaya, tidak ada salahnya mencoba berkeliling menggunakan Surabaya Bus. Rute dibagi menjadi empat, yaitu:
  • Utara-Selatan. Utara-Selatan    Terminal Purabaya (Kabupaten Sidoarjo) - Jembatan Merah Plaza
  • Barat-Timur. Universitas Negeri Surabaya - Institut Teknologi Sepuluh November
  • R5. Kenpark Gunung Anyar
  • R6. Gunung Anyar - Kenpark

Yang menarik dari Surabaya Bus, pembayaran bisa menggunakan sampah plastik dan memiliki berbagai fitur otomatisasi, seperti CCTV, Panic button, dan port usb untuk charge bagi penumpang. Kini tinggal menjawab satu pertanyaan, mau naik Surabaya Bus kemana?

Melihat bunga serupa Sakura di sepanjang pedestrian 
Beberapa waktu lalu, Surabaya dihebohkan dengan mekarnya Bunga Sakura di sepanjang pedestrian. Beritanya dimana-mana. Nah, moment seperti itu yang tidak boleh dilewatkan saat di Surabaya. Sembari jalan santai di pedestrian, wisatawan dapat menikmati indahnya Bunga Tabebuya yang bermekaran selama bulan November. 

Namun, tidak semua pedestrian atau trotoar ditanami bunga Tabebuya. Apabila ingin melihat indahnya warna-warni bunga Tabebuya, kunjungi beberapa lokasi berikut pada bulan November:
  • Jalan Ahmad Yani
  • Jalan Jemursari
  • Jalan Darmo

Keindahan dari bunga Tabebuya ini memang “mengesankan” sekali. Warna bunga terdiri dari warna kuning, merah muda, dan putih. Tidak heran, bunga Tabebuya ini pasti menarik perhatian pengguna jalan yang melewatinya.

Eksplor produk diskon di mall dan pusat grosir Surabaya
Berlibur di metropolitan, salah satu aktivitas yang digemari yaitu berburu barang diskonan. Apalagi, Surabaya memiliki beragam pusat belanja grosir. Soal pasar modern atau mall, Surabaya memiliki Tunjungan Plaza, Grand City, Galaxy Mall, Ciputra World, Surabaya Town Square, Marvell City, Pakuwon Mall, East Coast Center, dan Royal Plaza.

Bila lebih nyaman berbelanja pasar, maka kunjungi Pasar Blauran, Pasar Keputran, Pasar Pabean, Pasar Bratang, Pasar Genteng, Pasar Ikan Gunung Sari, Pasar Gembong, Pasar Bong, dan Pasar Ampel. Perlu diingat, daftar nama-nama pasar di Surabaya tersebut tidak selalu menjual pakaian. Ada yang menjual tanaman, ikan, dan bahkan buku-buku bacaan dan pelajaran.  

Ingin jalan-jalan ke pasar tradisional? Pergi saja ke Pasar Wonokromo, Pasar Turi, atau Pasar Keputran. Ketiga pasar tersebut menjual berbagai aneka bahan makan dan sandang serta produk jadi. Bila tiba-tiba rindu dengan suasana pasar tradisional yang khas, arahkan maps ke salah satu dari pasar tersebut. 

Selain itu, Surabaya juga memiliki Pusat Grosir Surabaya yang menjadi pusat penjualan grosir dari berbagai daerah di Jawa Timur. Apabila ingin belanja dalam jumlah banyak, PGS Surabaya ini cocok didatangi.

Memilih penginapan di tengah kota
Paling pas kalau liburan di Surabaya itu menginap di tengah kota. Akses mudah kalau kemana-mana serta sesuai dengan keinginan liburan di Surabaya, yaitu wisata ala metropolitan. Rekomendasi hotel murah di Surabaya yang pas yaitu POP! Hotel Diponegoro. Letaknya di Jln. Diponegoro No.33, kel.Darmo, kec.Wonokromo. Lokasi sangat strategis dan dekat dengan berbagai fasilitas umum, seperti:
  • Tiga kilo meter dari Tunjungan Plaza
  • Lima kilometer dari Stasiun Gubeng
  • Delapan kilometer dari Bandara Juanda
  • Lima menit dari Kebun Binatang Surabaya
  • Sepuluh menit ke Surabaya Town Square

Soal fasilitas kamar, POP! Hotel Diponegoro Surabaya dilengkapi wifi, air dingin-panas, flat tv dengan channel internasional, hingga layanan gratis sarapan. Menarik bukan menginap di POP! Hotel Diponegoro ini?

Beristirahat sejenak di warung kopi di Surabaya
Kalau terlanjur suntuk pulang ke hotel dan ingin menikmati malam di Surabaya, pilihannya ya nongkrong di warung kopi yang marak dibuka di malam hari, bahkan 24 jam. Ada banyak sekali warung kopi, mulai dari yang branded hingga yang emperan. Uniknya, hampir sebagian besar warung kopi ramai dipenuhi oleh pengunjung. 

Tertarik ngopi sambil “njagong” sana-sini dengan kawan saat di Surabaya? Mampir lah ke Cafe Petangkringan, Warkop Opa, Ijen Cafe, The Brothers Cafe, atau Lampu Kota Cafe. Ada banyak sekali nama-nama warung kopi di Surabaya, ada yang berkonsep cafe dan ada pula yang punya konsep warung kopi biasa. Tinggal pilih sesuai selera saja. 

Beli oleh-oleh murah meria di Pasar Surabaya
Nah, kalau sudah siap pulang dan selesai mengeksplor wisata metropolitan di Surabaya, waktunya beli oleh-oleh khas Surabaya. Lokasi yang sering dikunjungi wisatawan untuk belanja khas Surabaya yaitu pasar Genteng, Toko Sambal Bu Rudy, Pasar Turi, Toko Panen Raya, dan Dupak Grosir. Nama-nama pusat oleh-oleh Surabaya itu sudah sangat familiar bagi mereka yang tinggal di Surabaya, jadi tidak perlu bingung ketika pergi ke lokasi-lokasi tersebut. 

Sudah tahu apa yang mau dibeli? Kalau belum, Surabaya punya beberapa makanan khas yang tidak ada di kota lainnya, misalnya kopi bandrek, pohong tata, kerupuk udang lobster, belinjo udang, abon sapi, oseng tuna asap, bebek djangkep, sirup mangrove, bunarendang, siropen telasih, kerupuk ikan, dan kue mente. 

Saat berbelanja, jangan segan untuk bertanya tanggal kadaluarsa produk. Apalagi bila berbelanja di pasar tradisional. Pemahaman soal kadaluarsa ini kurang begitu dipahami oleh pedagang di pasar tradisional. 

Kesimpulan: rekomendasi wisata khas kota metropolitan
Sudah yakin mau liburan di Surabaya? Meski suasana mirip dengan beberapa kota metropolitan, Surabaya memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Mulai dari wisata belanjanya, tata kota yang rapi dan indah, serta moda transportasi yang membantu wisatawan berkunjung ke berbagai tempat wisata Surabaya. 

Perihal penginapan, percayakan kepada POP! Hotels. Hotel murah dan lokasinya berada dekat dengan berbagai fasilitas umum, mulai dari stasiun, terminal, bandara, hingga pusat belanja. Setiap kamar diberi fasilitas wifi, air dingin-panas, flat tv dengan channel internasional, hingga layanan sarapan. Harga menginap permalam mulai dari Rp. 200 ribuan. Mau menginap nyaman dan ramah kantong? Pesan kamar di POP! Hotel Diponegoro saja!