Oleh-oleh Khas Banjarmasin Incaran Wisatawan

oleh-oleh-banjarmasin.jpg
 
Banjarmasin merupakan salah satu kota tersibuk sekaligus Kota Tujuan wisata di Kalimantan. Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan ini juga dikenal sebagai Kota Seribu Sungai. Alasannya, kota ini memang merupakan delta yang dikelilingi oleh beberapa sungai besar seperti Sungai Barito, Sungai Kuin dan Sungai Martapura. 

Bagi para wisatawan yang menginginkan liburan berbeda, Banjarmasin merupakan kota yang bisa dikunjungi karena menyajikan wisata sungai dan sosial budaya. Di sini, wisatawan bisa berkunjung ke Pasar Terapung yang menjadi destinasi wisata unggulan. Terdapat beberapa pasar terapung yang memiliki ciri dan keunikan tersendiri seperti Pasar Terapung Lok Baintan, Pasar  Terapung Siring, dan Pasar Terapung Muara Kuin. 

Selain menikmati keunikan pasar terapung,wisatawan juga bisa mengunjungi objek wisata danau, bukit, hutan raya, dan kebun binatang. Wisatawan juga bisa berburu aneka produk lokal yang dijual di pusat perbelanjaan dan mall di Banjarmasin. Anda juga bisa memborong aneka penganan khas Banjarmasin untuk dijadikan oleh-oleh. 

DI Banjarmasin ada banyak toko atau gerai khusus yang menjual aneka oleh-oleh khas Banjarmasin. Jadi, Anda tidak perlu lagi repot berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari buah tangan andalan. Tidak hanya aneka olahan makanan, Anda juga bisa membeli aneka kerajinan untuk dijadikan oleh-oleh. 

Berikut pilihan oleh-oleh andalan Banjarmasin yang biasanya  jadi incaran wisatawan

1. Amplang
Berkunjung ke Banjarmasin jangan lupa membeli Amplang. Amplang adalah kerupuk ikan yang menggunakan bahan dasar ikan pipih yang berasal dari Sungai Martapura. Selain ikan pipih, resep Amplang Banjarmasin juga menggunakan aneka ikan air tawar sungai lainnya. 

Kerupuk Amplang berbentuk bulat kecil. Rasanya gurih dengan tekstur renyah dan garing saat digigit. Saat dimakan, cita rasa ikan langsung menggugah selera. Amplang cocok dijadikan cemilan dan teman untuk makan nasi. Masyarakat Banjarmasin juga mengenal kerupuk ini dengan nama kuku macan. 

Bentuk kerupuk ini bulat kecil, rasanya gurih dengan tekstur renyah. Rasa dari adonan ikannya begitu terasa, cocok untuk camilan atau sebagai pelengkap ketika makan. Nama lain dari kerupuk ini 'kuku macan' karena bentuknya yang kecil dan agak pipih. 

Amplang banyak dijual di toko oleh-oleh dengan berbagai variasi kemasan. Harga sebungkung amplang cukup terjangkau mulai dari Rp 15.000,- per kemasan. 

2. Dodol Kandangan 
Sesuai dengan namanya, oleh-oleh khas Banjarmasin satu ini berasal dari daerah Kandangan, Kalimantan Selatan. Teksturnya lebih lembut dan legit dibanding dodol yang banyak ditemui di daerah Jawa. 

Dodol kandangan terbuat dari beras ketan, yang dicampur dengan gula aren. Sekarang tersedia juga beragam variasi rasa seperti rasa kacang, durian, dan kelapa muda yang memiliki citarasa tersendiri. 

Dodol kandangan banyak dijual di berbagai toko dan gerai oleh-oleh khas Banjarmasin dengan berbagai ukuran. Namun, bila Anda ingin melihat langsung cara pengolahannya, Anda bisa mengunjungi sentra pembuatan Dodol Kandangan yang banyak terdapat di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. 

3. Sambal Acan 
Kota Seribu Sungai punya oleh-oleh sambal yang memiliki citarasa unik dan khas bernama Sambal Acan. Resep sambal acan terbuat dari campuran mangga muda dan terasi sehingga menghasilkan rasa yang enak. 

Kata acan untuk sebutan sambal berasal dari belacan yang berarti terasi. Cara membuat sambal acan cukup unik karena terasi diulek dengan campuran buah seperti mangga muda atau nanas. Rasanya yang khas membuat sambal acan tidak pedas saat pertama dimakan. Namum, lama kelamaan pedasnya akan terasa di lidah. Sambal Acan sangat cocok untuk para pecinta kuliner pedas. 

Hampir semua toko oleh-oleh di Banjarmasin menjual sambal acan dengan varian nama dan ukuran. Sambal Acan juga bisa ditemui di berbagai rumah makan tradisional di Banjarmasin.


4. Wadai Rangai 
Ingin mencari jajanan manis untuk dijadikan oleh-oleh? Tenang, Banjarmasin punya penganan khas bercita rasa manis yaitu Wadai Rangai. Dulunya, kue ini merupakan penanganan tradisional yang biasa disajikan dalam acara adat dan acara formal. Namun sekarang, wadai rangai sudah banyak dijadikan oleh-oleh. 

Selain dimakan sebagai camilan, wadai rangai juga sering dimakan sebagai pendamping minum teh. Kue Rangai terbuat dari bahan dasar tepung sagu  dicampur kelapa yang dipanggang sehingga gurih dan manis. Saat dimakan, Anda akan merasakan tekstur sagu yang lumer dan lembut di mulut. 

Wadai Rangai juga biasa disebut dengan sagon. Anda bisa mendapatkan kue ini di hampir semua toko oleh-oleh yang ada di Banjarmasin. Harganya bervariasi mulai dari Rp20.000,- per kemasan. 

5. Ikan Seluang 
Identik dengan kota seribu sungai, Banjarmasin punya oleh-oleh dari aneka olahan ikan sungai. Salah satu yang terkenal adalah ikan seluang. Ikan Seluang berbentuk pipih, kurus, kecil dan tidak punya daging yang tebal. Oleh masyarakat Banjar, ikan ini sering dimasak pepes  atau digoreng kering. 

Untuk menambah citarasa, ikan seluang biasanya digoreng tepung. Jadi kerenyahan bisa terjaga. Ikan ini bisa dijadikan camilan karena teksturnya yang renyah seperti kerupuk. Bisa juga dimakan sebagai lauk bersama nasi, 

Ikan seluang banyak tersedia di toko oleh-oleh khas Banjarmasin. Bila ingin membawa oleh-oleh ikan seluang yang baru digoreng, Anda bisa datang langsung ke pusat oleh-oleh khusus ikan seluang. Jadi Anda bisa membawa ikan seluang yang baru saja matang. 

6. Batik Sasirangan
Ingin membawa oleh-oleh yang tahan lama, kain batik sasirangan jawabannya. Kain batik sasirangan adalah kain tradisional khas suku Banjar. Nama sasirangan diadopsi dari cara pengolahan kain batik ini yaitu sirang yang bermakna jelujur atau lajur atau pelajuran. Sedangkan sasiringan dalam bahasa banjar juga berarti diikat. 

Sejak dulu, kain batik sasirangan lebih banyak digunakan untuk ikat kepala, sabuk, selendang maupun kemban. Namun sekarang, kain sasirangan mulai dipakai untuk pembuatan pakaian. Kain sasirangan dipakai oleh seluruh lapisan masyarakat Banjar. 

Motif kain batik sasirangan didominasi oleh motif fauna dan flora. Pembuatannya dilakukan secara manual. Karena itu, harga batik sasirangan sangat tergantung jenis motif dan tingkat kesulitan pengerjaanya. Satu pakaian dari bahan batik sasirangan dibanderol mulai dari Rp80.000,-  Batik khas Banjar ini bisa dibeli di berbagai toko oleh-oleh dan toko pakaian yang ada di Banjarmasin.

7. Batu Permata 
Batu permata merupakan oleh-oleh yang banyak diburu wisatawan yang berkunjung ke Banjarmasin. Untuk mendapatkan lebih banyak pilihan permata, tak ada salahnya datang ke Martapura. Di sini ada banyak sentra kerajinan batu permata yang menyediakan aneka olahan batu permata. 

Batu permata cocok dijadikan oleh-oleh untuk orang tercinta. Bisa juga untuk dipakai sendiri. Bila tak mau jauh-jauh ke Martapura batu permata juga banyak dijual di toko oleh-oleh khas Banjarmasin. Di Bandara Internasional Syamsuddin Noor juga ada gerai yang menjual batu permata. 

Aneka bentuk batu mulai ini bisa dibawa pulang dengan harga mulai dari Rp50.000,- tergantung bentuk dan ukurannya. Ada yang berupa batu cincin, gelang dan kalung. Semakin bagus kualitas dan unik motif  batu permata yang dipakai semakin tinggi pula harganya. 

Berkunjung ke Banjarmasin baik untuk berwisata atau urusan pekerjaan memang memberikan kesan yang dalam. Bentang alamnya yang khas dan sosial budaya masyarakatnya yang unik membuat Banjarmasin cocok untuk tujuan wisata. Anda bisa memilih hotel di Banjarmasin untuk tempat beristirahat. 

Bila berkunjung ke Banjarmasin, tak akan puas bila hanya datang untuk satu hari saja. Ada bisa menginap di POP! Hotel Banjarmasin untuk memudahkan mobilitas. Hotel di Banjarmasin ini memiliki lokasi strategis karena berada di pusat kota.  Dari sini Anda bisa dengan mudah mengakses berbagai destinasi wisata seperti menara pandang, Duta Mall Banjarmasin, kebun binatang Jahri Saleh; Museum Wasaka dan pasar terapung. 

POP! Hotel Banjarmasin merupakan hotel di Banjarmasin yang mudah diakses baik dari dermaga Trisakti, maupun dari Bandara Internasional Syamsudin Noor. Dengan konsep POP! Dan modern, hotel ini dilengkapi dengan PITSTOP yang memiliki cafe 24 jam dan toko serba ada. Anda bisa mendapatkan sajian hangat, snack dan minuman panas sembari bersantai menikmati waktu. 

Terdapat 120 kamar yang siap memanjakan para wisatawan. Setiap kamar di hotel murah ini dilengkapi dengan king size bed yang muat untuk 3 orang dewasa, brankas, air kemasan gratis, TV kabel, dan AC. Para tamu juga dapat menikmati fasilitas hotel seperti WiFi gratis di seluruh area hotel dan ruang pertemuan yang dapat menampung maksimal 200 orang.

POP! Hotel Banjarmasin merupakan pilihan tepat buat Anda yang datang ke kota Seribu Sungai untuk berbagai keperluan. Menginap di jaringan POP! Hotel di setiap kota yang Anda kunjungi akan memberi pengalaman istimewa yang tak terlupa.