5 Hal Unik dari Surabaya yang Bikin Kotanya Istimewa

hal-unik-di-surabaya.jpg
 
Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia yang punya beragam hal istimewa. Berkunjung ke Surabaya akan membawa Anda pada pengalaman seru yang tak akan terlupa.

Dikenal sebagai Kota Pahlawan, Surabaya memiliki sejumlah destinasi wisata yang bisa dijangkau dengan mudah dari pusat kota. Beberapa destinasi wisata kota Surabaya adalah tugu pahlawan, house of Sampoerna, Balai Kota Surabaya, dan Kebun Binatang Surabaya. 

Berbagai destinasi wisata yang ada di Kota Surabaya ini, bisa dijelajahi dengan mudah. Selain lokasinya berada di tengah kota, terdapat berbagai pilihan transportasi, seperti angkutan kota (angkot), becak, becak motor, ojek, taksi dan mobil sewa. Jarak dari satu destinasi ke destinasi wisata lainnya tidaklah berjauhan. Anda juga dengan mudah memesan hotel murah di Surabaya untuk keperluan akomodasi selama berada di sana. 

Bagi yang pernah berkunjung ke ibu kota provinsi Jawa Timur ini tentu sudah tak asing lagi dengan suasana, kuliner, dan keramahan warga kotanya. Surabaya merupakan pusat bisnis, perdagangan, dan industri dan menjadi pusat pertumbuhan di kawasan timur pulau Jawa dan sekitarnya. 

Nah buat Anda yang belum pernah datang ke Surabaya, berikut 7 hal unik tentang Surabaya yang membuat kotanya istimewa dan sulit terlupa:

1. Surabaya Kota Pahlawan
Yap. Sejak dulu, Surabaya memang dikenal sebagai kota Pahlawan karena beberapa peristiwa penting seputar kemerdekaan Republik Indonesia terjadi di kota ini. Peristiwa yang paling menonjol terjadi pada 10 November 1945 saat belasan ribu pejuang Indonesia gugur dalam Pertempuran Surabaya mempertahankan kemerdekaan. 

Jejak sejarah pertempuran Surabaya hingga kini masih terpelihara dengan baik dan dijadikan sebagai destinasi wisata sejarah unggulan Surabaya. Anda bisa berkunjung ke Tugu Pahlawan yang terletak di jantung Kota Surabaya. Tugu Pahlawan terletak di area Taman Kebonrojo. Desainnya yang gagah dengan dominasi warna putih membuat tugu ini cocok untuk tempat berfoto. 

Melengkapi wisata sejarah mengenang pertempuran 10 November 1945, dari Tugu Pahlawan, para wisatawan bisa mengunjungi Museum Sepuluh November. Di sini, pengunjung bisa melihat foto dan sejumlah koleksi yang menggambarkan kedahsyatan Pertempuran Surabaya. Selain bisa menambah pengetahuan, berkunjung ke tempat ini akan menambah kecintaan pada Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

2. Suro dan Boyo, Ikon Surabaya yang Melegenda
Berkunjung ke Surabaya tak akan lengkap sebelum Anda menjejakkan kaki di patung Suro (hiu) dan Boyo (buaya) yang menjadi ikon kota Surabaya. Dari bentuknya, patung ini menjadi lebih unik dengan adanya ornamen rumput yang menyerupai asli di antara patung Suro dan Boyo tersebut.

Terdapat tiga lokasi di mana patung Suro dan Boyo berada. Namun, yang paling besar dan terkenal adalah yang berada di di Jalan Pantai Kenjeran. Konon, penggunaan simbol hiu dan buaya ini berasal dari legenda Suro dan Boyo yang saling berebut wilayah. Suro atau hiu adalah penguasa laut, sedangkan boyo adalah penguasa perairan air tawar, mereka bertemu dan berebut serta berbagi kuasa di daerah yang kini bernama Surabaya. 

Simbol Suro dan Boyo sudah digunakan sejak zaman pemerintah kolonial Belanda dan kini menjadi simbol khas Kota Surabaya. Simbol ini juga menjadi lambang keberanian pemuda Surabaya dalam mempertahankan wilayah dengan menentang bahaya saat Raden Wijaya menang melawan pasukan Tar-Tar. Peristiwa inilah yang menjadi dasar kelahiran Kota Surabaya. 

3. Taman Kota Surabaya Terkenal di Dunia
Salah satu hal yang akan mudah teringat saat menyebut Surabaya adalah taman kota yang memikat. Pasalnya, Kota Surabaya memang memiliki taman-taman kota yang asri yang sudah diakui dunia. Beberapa taman seperti Taman Bungkul, Taman Flora Kebun Bibit, Taman Pelangi, Taman Ekspresi, dan Taman Incinerator menjadi inspirasi dunia. Taman Bungkul bahkan pernah dinobatkan menjadi taman terbaik se-Asia pada 2013.

Di Taman Flora Kebun Bibit, pengunjung bisa berinteraksi dengan rusa dan ikan sembari bermain dan bereksplorasi di wahana bermain yang ada. Buat wisatawan yang ingin menikmati suasana santai bisa tracking di Taman Bungkul. Sedangkan bagi Anda yang ingin menikmati suasana malam, mampirlah ke Taman Pelangi yang terletak di depan Kantor Bulog Surabaya untuk melihat kerlap kerlip lampu di Taman Pelangi. 

4. Ada Nuansa Jepang di Surabaya
Berwisata ke Surabaya kini menjadi lebih asyik karena Anda bisa mendapatkan suasana berbeda. Menjadi kota yang terus membenahi fasilitas publik, kini terdapat sejumlah spot bernuansa Jepang yang bisa ditemukan di sana. 

Salah satu yang membuat Surabaya menjadi lebih istimewa adalah keberadaan Bunga Tabebuya yang dibudidayakan sejak 2010. Bunga ini memiliki bentuk seperti Sakura di Jepang dengan warna yang lebih beragam yaitu merah muda, putih, kuning dan ungu. Bunga Tabebuya adalah tanaman endemik tropis yang memiliki kelopak bunga yang banyak. Bunga ini bisa ditemui hampir di seluruh jalan protokol kota Surabaya. 

Selain itu, Bunga Tabebuya, suasana Jepang juga akan terasa saat Anda berkunjung ke Hutan Bambu Keputih.  Hutan Bambu ini terletak di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Kecamatan Sukolilo, tak jauh dari Terminal Keputih. Lokasi ini menjadi favorit masyarakat untuk mengambil swafoto dan juga foto pra nikah (prewedding). 

Di samping keasrian dan kesejukan yang ada, Hal yang tak banyak diketahui orang bahwa dulunya daerah hutan bambu ini merupakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang ditutup pada 2001 dan dialihfungsikan menjadi hutan kota. 

5. Ada Wisata Bahari Tengah Kota
Sebagai kota yang memiliki garis pantai, Surabaya memiliki destinasi wisata bahari yang sangat istimewa. Bahkan wisata bahari ini bisa dinikmati tanpa perlu jauh-jauh pergi ke luar kota. 

Untuk wisatawan yang ingin menikmati wisata pantai konvensional, berjalan di pantai, bermain ombak, bisa pergi ke Pantai Kenjeran Lama. Namun, bila ingin merasakan sensasi wisata pantai dengan sentuhan modern dan kekinian bisa berkunjung ke Pantai Kenjeran Baru. 

Pantai Kenjeran Baru lebih dikenal sebagai Kenpark atau Pantai Ria Kenjeran yang memiliki sejumlah spot menarik seperti Klenteng Sanggar Agung, Pagoda Tian Ti, dan Waterpark. Di Pantai Kenjeran Baru ini pula, pengunjung bisa menikmati suasana kota Surabaya dari Jembatan Kenjeran.

Selanjutnya, bila ingin menikmati Surabaya dari sudut yang berbeda Anda bisa mencoba wisata perahu Kalimas. Di sini, pengunjung bisa menyusuri sungai dengan perahu. Lokasi wisata perahu Kalimas ini terletak di sekitar Taman Prestasi. Jadi setelah puas berkeliling sungai Anda bisa bersantai di Taman prestasi sembari menikmati rindangnya pepohonan. 


Puas berkeliling kota, waktunya Anda menikmati kuliner khas Surabaya yang menggugah selera. Ada beragam menu spesial yang bisa Anda nikmati di Surabaya seperti Tahu Tek, Rawon Setan, Nasi Goreng Jancuk, Rujak Cingur dan Lontong Kupang. Aneka sajian istimewa akan lebih nikmat karena disajikan dengan keramahan dan tawa canda penjualnya. 

Berada di Surabaya akan menjadi semakin sempurna karena Anda bisa dengan mudah menemukan hotel murah di Surabaya namun bagus seperti POP! Hotels Surabaya. Anda bisa memilih akomodasi di salah satu POP! Hotels Surabaya yang sesuai dengan lokasi yang diinginkan. 

Ada POP! Hotel Diponegoro, POP! Hotel Stasiun Kota dan POP! Hotel Gubeng yang merupakan hotel backpacker yang tepat untuk dipilih bagi Anda yang ingin menikmati suasana kota di malam hari. Dari POP! Hotel Diponegoro dan POP! Hotel Gubeng wisatawan bisa eksplorasi kota dengan mudah karena letaknya yang strategis. Namun, buat pengunjung yang mencari penginapan dekat dengan stasiun kereta untuk memudahkan perjalanan, Anda bisa memilih menginap di POP! Hotel Stasiun Kota. 

Di manapun lokasi yang dipilih, POP! Hotels Surabaya merupakan pilihan tepat buat Anda yang mencari penginapan murah dengan fasilitas dan kamar modern. Sentuhan hotel ini akan menambah pengalaman istimewa selama Anda berada di Surabaya.