Berlibur di Banjarmasin, Jangan Lupa Kunjungi Destinasi Ini

destinasi-di-banjarmasin.jpg
 
Kota Banjarmasin adalah kota perdagangan yang ramai. Terletak di Kalimantan bagian selatan, kota ini sekaligus menjadi ibukota Provinsi Kalimantan Selatan. Sebagai kota yang dijuluki kota seribu sungai, Banjarmasin memiliki potensi wisata yang menarik untuk didatangi. Apalagi sekarang pemerintah kota terus memperbaiki infrastruktur yang menunjang sektor pariwisata di sana.

Sebagai salah satu kota tujuan wisata di Kalimantan, Banjarmasin menawarkan berbagai destinasi wisata yang akan memanjakan wisatawan yang datang berkunjung. Perkawinan antara kearifan lokal dan modernitas, ditunjang keindahan alam sungai membuat Kota Banjarmasin sekarang menjadi kota yang menawarkan banyak hal baru untuk dinikmati. 

Terdapat beberapa destinasi wisata terbaru di Banjarmasin yang membuat kota ini masuk dalam deretan kota tujuan wisata favorit di Kalimantan. Tak hanya untuk berlibur, bagi Anda yang datang ke Banjarmasin untuk tujuan bisnis atau pekerjaan, tak ada salahnya beristirahat sejenak sambil menikmati kota. Apalagi sekarang tak sulit untuk mencari hotel di Banjarmasin. 

Berikut adalah beberapa objek wisata Banjarmasin yang tidak boleh Anda lewatkan bila tengah berkunjung ke Kota Banjarmasin

1. Menara Pandang
Menara pandang merupakan ikon baru Kota Banjarmasin yang berdiri sejak 2014. Menara ini terletak di Siring Jalan Kapten Pierre Tendean Banjarmasin. Dari atas Menara Pandang Anda bisa menikmati suasana Kota Banjarmasin sekaligus bisa menikmati keindahan Sungai Martapura.

Letak Menara Pandang tak jauh dari lokasi Pasar Terapung. Bila ingin melihat aktivitas pasar terapung di pagi hari, Anda bisa melihat dari atas menara ini. Selain itu Anda juga mengabadikan kenangan berada di Kota Banjarmasin dari ketinggian dengan berfoto selfie atau wefie di sini.

Pada keadaan normal, Menara Pandang buka dari pagi pukul 10.00 WITA hingga malam hari pukul 21.00 WITA. Di malam minggu, destinasi wisata ini buka satu jam lebih lama. Untuk bisa naik ke Menara Pandang, Anda tidak perlu membayar tiket.

Buat pengunjung yang ingin mengetahui dan melihat suasana Kota Banjarmasin tempo dulu, Anda bisa menuju lantai 1 area Menara Pandang. Di sana terdapat Galeri Baiman yang menampilkan deretan foto dan lukisan berisi gambar dan ilustrasi dari masa ke masa.

Lokasi Menara Pandang sangat strategis dan mudah dijangkau karena berada tak jauh dari pusat kota. Anda bisa memilih menginap di hotel dekat Menara Pandang yang murah dan bagus seperti POP! Hotel Banjarmasin. Hotel di Banjarmasin ini hanya berjarak 1,3 kilometer, Anda bisa berjalan kaki atau naik kendaraan roda empat dengan waktu tempuh tak sampai 10 menit.

2. Pasar Terapung Banjarmasin
Pasar Terapung Banjarmasin atau biasa disebut Pasar Apung merupakan objek wisata unggulan di Kota Banjarmasin. Berkunjung ke Banjarmasin tak akan lengkap rasanya bila belum menjejak ke Pasar Terapung ini.
Di pasar terapung, Anda bisa merasakan sensasi dan pengalaman berbelanja dari atas kapal. Selain itu pasar terapung banjarmasin juga merupakan lokasi yang bagus untuk dijadikan objek foto.

Di Banjarmasin terdapat beberapa spot pasar terapung yang bagus dan instagramable untuk dikunjungi. Salah satu pasar yang paling terkenal adalah pasar terapung Lok Baintan di Sungai Martapura. Namun untuk bisa menikmati wisata ini, Anda harus datang di pagi hari.

Pasar Terapung Lok Baintan beroperasi dari pukul 06.00 – 08.00 WITA. Karena itu wisatawan harus berangkat di pagi hari. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena jarak dari POP! Hotel Banjarmasin ke Pasar Apung Lok Baintan cukup dekat dan hanya butuh waktu tempuh 36 menit dengan kendaraan roda empat.

Bagaimana bila Anda datang terlambat? Tenang. Anda tidak perlu khawatir karena masih punya kesempatan menikmati wisata di Pasar Terapung Siring yang terletak di Jl Piere Tendean, tak jauh dari Menara Pandang. Pasar terapung ini buka setiap hari Minggu dari pukul 07.00-10.00 WITA. Pasar terapung Siring dikembangkan sebagai objek wisata sejak 2013 dan lebih ramai karena berada di pusat kota. Hanya butuh kurang dari 10 menit untuk sampai ke tempat ini dari tempat penginapan Anda di POP! Hotel Banjarmasin.

3. Kebun Binatang Jahri Saleh
Berwisata ke Kota Banjarmasin belum lengkap sebelum berkunjung ke Kebun Binatang Jahri Saleh. Di sini, Anda bisa menyaksikan binatang ikonik dari Kalimantan yaitu Bekantan. Bekantan adalah primata berhidung besar asli Kalimantan yang kini mulai langka.

Kebun Binatang Jahri Saleh terletak di tengah Kota. Dari POP! Hotel Banjarmasin, Anda hanya perlu menempuh perjalanan 15-20 menit dengan kendaraan roda empat. Selain melihat Bekantan, di Kebun Binatang Jahri Saleh pengunjung bisa melihat flora dan fauna dari jenis unggas, primata seperti Owa-owa, jenis burung, dan penangkaran buaya. Lebih dari 20 jenis fauna ada di Kebun Binatang Jahri Saleh.

Untuk bisa masuk ke area kebun binatang, para pengunjung hanya perlu membeli karcis dengan harga yang terjangkau. Harga karcis untuk orang dewasa adalah Rp 4.000,- dan harga karcis untuk anak-anak adalah Rp2.000.-


Puas menikmati berbagai destinasi wisata di Banjarmasin seperti wisata susur sungai di Pasar Terapung Lok Baintan dan Pasar Apung Siring, eksplorasi kebun binatang dan menikmati keindahan kota dan kedigdayaan sungai Martapura dari Menara Pandang, saatnya Anda membuat kenangan dengan berfoto di patung Bekantan yang terletak di Jalan P Tendean.

Patung Bekantan kini menjadi ikon wisata unggulan Kota Banjarmasin dan terletak tepat di seberang Taher Square. Meski tidak berdekatan, namun Patung Bekantan masih satu kawasan dengan Pasar Terapung Siring dan Menara Pandang.

Keseruan berwisata di Kota Banjarmasin tentu tidak akan sempurna bila Anda tidak memilih tempat menginap yang tepat. Hotel di Banjarmasin yang berada di tengah kota dan mudah diakses dari mana saja seperti POP! Hotel Banjarmasin tentunya akan menjadi pilihan yang sempurna. Membuat liburan Anda di Kota Banjarmasin menjadi lebih berkesan.

Selain beberapa fasilitas yang ada, POP! Hotel Banjarmasin juga merupakan hotel tengah kota yang aksesnya dekat dengan Bandara Syamsuddin Noor. Jadi, saat menginap di sini, Anda tidak perlu buru-buru menuju bandara untuk mengejar jadwal penerbangan. Tidak sampai satu jam, Anda sudah tiba di bandara.

Akses yang mudah menjadi lebih sempurna karena POP! Hotel Banjarmasin merupakan hotel murah di tengah Kota Banjarmasin yang bisa diakses dengan mudah. Selain itu terdapat beragam pilihan kamar yang bisa Anda pesan sesuai kebutuhan dengan harga mulai dari Rp250.000,-. 

POP! Hotel Banjarmasin yang terletak di Jalan H Djok Mentaya No 50 Kertak Baru Ilir Kota Banjarmasin ini merupakan hotel yang cocok untuk para backpacker maupun keluarga yang ingin berwisata bersama. Dari hotel, Anda juga bisa berjalan santai ke beberapa spot penting di tengah kota, atau bersantai menikmati suasana malam sambil menyantap kuliner malam.

Saatnya menjelajah Kota Banjarmasin. Rasakan pengalaman berbeda, dan nikmati suasananya.