Anti Bosan, Ini 6 Aktivitas Seru Yang Bisa Anda Lakukan Saat Menunggu Boarding

Melakukan perjalanan menggunakan transportasi pesawat seringkali membuat orang deg-degan dan takut terlambat. Alasannya, peraturan penerbangan mengharuskan penumpang melapor atau check in beberapa jam sebelum jadwal keberangkatan.

Pesawat biasanya lebih ketat dalam jadwal keberangkatan sehingga tidak mentolerir keberangkatan. Agar tidak terlambat, banyak penumpang datang beberapa jam lebih awal. Bahkan ada juga yang memilih menginap di hotel Bandara Soekarno Hatta untuk menghindari keterlambatan. Namun tidak jarang juga penumpang harus menunggu lama di bandara karena waktu boarding yang masih lama. 

Tak jarang juga calon penumpang menunggu lebih lama di bandara karena  terjadinya penundaan penerbangan untuk beberapa waktu karena beberapa hal. Kalau tidak pintar-pintar mengisi waktu, Anda tentu akan bosan dan lelah selama menunggu.

Untuk membunuh kebosanan, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru. Apalagi sekarang sejumlah bandara di bawah Angkasa Pura seperti Bandara Internasional Soekarno Hatta telah memiliki fasilitas lengkap yang bisa dimanfaatkan pengunjung berbagai usia tanpa membedakan tujuan keberangkatan. 

Anda hanya perlu melihat daftar fasilitas pendukung yang ada di Bandara melalui website Angkasa Pura, atau bisa melihat peta lokasi bandara yang ada di setiap terminal keberangkatan. Anda juga bisa bertanya kepada petugas bandara mengenai fasilitas apa saja yang bisa dimanfaatkan oleh calon penumpang. 

Selama menunggu waktu keberangkatan saat berada di Bandara Soekarno Hatta, agar tak mati gaya, Anda bisa mengisi waktu dengan melakukan sejumlah hal seru berikut ini:

1. Naik Skytrain
Ingin mencoba pengalaman berbeda dan hanya ada di Bandara Soekarno Hatta, cobalah untuk naik skytrain atau Kalayang. Skytrain atau Kalayang merupakan fasilitas bandara yang memudahkan para pengunjung Bandara Soekarno-Hatta  untuk berpindah antar terminal 1, 2 dan 3 ataupun dari terminal ke Stasiun Bandara Soetta. Skytrain Kalayang ini diresmikan sejak 2017.

Bila ingin mencoba naik Skytrain, pengunjung harus melalui shelter Skytrain yang berada di setiap Terminal. Shelter ini terdapat pada Integrated Building yang terhubung dengan Stasiun Bandara Soetta. Setelah sampai di Shelter, penumpang bisa menunggu skytrain yang berangkat dengan jadwal tertentu. Jadwalnya bisa dilihat di papan jadwal yang ada di setiap shelter. 

Bagi pengunjung yang ingin menaiki Skytrain tidak dipungut biaya alias gratis. Penumpang bisa bertanya pada petugas yang siap memberikan informasi kepada calon penumpang. Anda bisa mencoba menaiki skytrain untuk berkeliling bandara Soekarno Hatta. 

2. Duduk di Lounge 
Puas berkeliling bandara menggunakan skytrain, kini Anda bisa bersantai di area lounge yang tersedia di setiap terminal. Untuk bisa masuk dan bersantai di lounge bandara biasanya pengunjung akan dikenakan biaya sekitar Rp 50 ribu. Namun biasanya lounge ini bisa diakses secara gratis oleh pengguna maskapai dengan first class atau business class seat  dan untuk para nasabah yang memiliki account prioritas di salah satu Bank yang bekerjasama dengan pengelola Lounge Bandara. 

Bersantai di lounge bandara biasanya akan lebih menyenangkan karena suasananya yang tenang dan nyaman. Pengunjung juga bisa memesan makanan yang diinginkan untuk pengganjal perut sampai waktu boarding datang. 


3. Bersantai di rest area 
Siapa bilang rest area hanya ada di jalan tol. Angkasa Pura kini juga menyediakan rest area di sejumlah bandara yang dikelola termasuk di bandara Soekarno Hatta. Bahkan rest area di bandara lebih nyaman dan asyik karena tersedia kursi panjang yang bisa dimanfaatkan untuk selonjoran dan tidur-tiduran. 

Rest area di bandara merupakan ruangan terbuka dengan fasilitas pendingin ruangan yang nyaman. Di lokasi ini juga terdapat kursi pijat yang bisa dinikmati secara gratis oleh calon penumpang. 

4. Menonton film dan bermain game di Digital Cinema
Bila memiliki cukup banyak waktu sebelum keberangkatan, Anda bisa menghabiskan waktu dengan menonton film atau bermain game di area digital cinema yang terdapat di terminal 3 Soekarno Hatta. Di sini kita bisa mengisi waktu dengan memilih film favorit yang telah tersedia. 

Terdapat delapan bangku nyaman untuk menonton di area ini. Juga ada etalase berisi aneka snack dan minuman yang dapat dibeli untuk cemilan selama menonton. Di area digital cinema ini juga ada bilik yang bisa dimanfaatkan untuk karaoke dan bermain game.  Selama berada di area digital cinema ini Anda tetap harus waspada dan selalu ingat dengan jadwal penerbangan, Jangan sampai terlena dan bablas ya. 

5. Kulineran sampai kenyang
Lama menunggu membuat perut lapar, tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengisi perut dengan berbagai menu makanan yang dijual di bandara. Terdapat beberapa titik food court yang menjual aneka makanan siap saji. 

Bila ingin merasakan makanan enak tapi murah di bandara soekarno hatta, Anda bisa pergi ke area kantin karyawan kargo atau ke kantin Transit Oriented Development (TOD) M1 Bandara Soekarno-Hatta. DI sana terdapat kuliner murah meriah yang dijual oleh para pelaku UMKM. 

6. Browsing sampai puas
Hampir setiap bandara menyediakan fasilitas wifi dengan kekuatan internet yang besar. Anda bisa mencari tempat nyaman lalu duduk bersantai sambil berselancar di dunia maya. Namun harus diingat bahwa jaringan wifi yang tersedia adalah jaringan publik yang tidak aman. Anda biasanya juga perlu login setiap 15 menit karena layanan internet biasanya dibatasi untuk mengatur pemakaian. 


Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan sembari menunggu waktu boarding di bandara memang akan membuat hari Anda menjadi lebih seru, Namun, anda juga memiliki alternatif lain agar tidak terjebak waktu tunggu yang lama dengan menginap di hotel dekat bandara. Menginap di Hotel Bandara Soekarno Hatta akan membuat Anda tidak perlu terburu-buru ke bandara sehingga bisa lebih santai. 

Pilihlah Hotel Bandara Soekarno Hatta yang memberi kenyamanan dan mudah diakses seperti POP! Hotels. Dengan kamar yang luas dilengkapi tempat tidur king size dan fasilitas berupa AC, TV layar datar, dan brankas, Anda bisa lebih tenang dan rileks menunggu waktu penerbangan. 

Tak hanya itu, Anda juga bisa mengatur pertemuan bisnis di POP! Hotel Airport dengan memanfaatkan fasilitas meeting room yang ada di hotel. Jadi Anda bisa bertemu dengan klien tanpa khawatir dan harus terburu-buru mengejar waktu penerbangan ke bandara. 

POP! Hotel Airport terletak sangat dekat dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Anda yang memilih transit di Jakarta dan memanfaatkan waktu tunggu untuk bertemu dengan mitra bisnis bisa memilih menginap atau mengadakan pertemuan di hotel. 

Hotel murah dekat bandara ini menjadi pilihan yang tepat untuk transit bagi para eksekutif. Tidak perlu khawatir bagaimana menuju hotel dan kembali ke bandara karena hotel menyediakan layanan antar jemput gratis pada jam-jam tertentu. 

POP! Hotel Airport merupakan hotel backpacker yang cocok untuk segala kalangan. Anda tidak perlu bingung lagi mencari hotel di dekat bandara Soekarno Hatta untuk menginap atau beristirahat sambil menunggu jadwal penerbangan.