6 Hal Unik tentang Bandara Juanda

hal-unik-bandara-juanda.jpg
 
Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya tumbuh menjadi kota bisnis dan ekonomi yang sibuk. Banyak yang memilih Surabaya untuk tempat pertemuan bisnis, perdagangan, industri dan pendidikan untuk wilayah Indonesia timur. Surabaya juga menjadi daerah tujuan wisata yang memiliki banyak spot menarik. 

Berbagai aktivitas di Kota Surabaya membuat penerbangan dari dan menuju  Surabaya melalui Bandara Internasional Juanda menjadi sibuk. Karena itu mobilitas di sekitar bandara pun menjadi padat  Untuk memudahkan mobilitas, banyak penumpang yang mencari hotel dekat bandara Juanda. 

Untuk menjawab kebutuhan penumpang yang menunggu penerbangan atau mengisi waktu karena keterlambatan penerbangan atau delay, Bandara Internasional Juanda pun berbenah. 

Ada banyak aktivitas dan hal baru yang bisa dilakukan di Bandara Juanda. Selain itu terdapat beberapa hal menarik yang jarang diketahui publik mengenai keberadaan bandara internasional Juanda ini. 

1. Bandara Sibuk
Bandara Juanda, yang terletak di Sidoarjo Jawa Timur ini merupakan bandara yang masuk dalam kategori bandara tersibuk di Indonesia. Berdasarkan data  Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (AirNav) Cabang Surabaya, dalam keadaan normal, biasanya terdapat 400 pesawat yang terbang dan mendarat di Surabaya. 

Pesawat yang singgah di bandara Juanda melayani penerbangan domestik dan penerbangan internasional. Tak hanya melayani pesawat yang mendarat dan tinggal landas, bandara Juanda juga melayani pesawat yang melintas di atas langit Surabaya. 

Demi menunjang keselamatan dan keamanan operasional penerbangan di Bandara Juanda, AirNav Indonesia pun telah memasang berbagai peralatan navigasi modern yang dimanfaatkan untuk memandu lalu lintas udara antara lain Clearance Delivery Unit (CDU) dan Advanced Surface Movement Guidance and Control System (ASMGCS) di bandara Juanda. 

2. Toilet Instragamable 
Salah satu fasilitas yang mencuri perhatian publik di Bandara Juanda adalah keberadaan toilet instagramable yang berlokasi di terminal 2. Pada toilet wanita dan toilet laki-laki terdapat lukisan 3D yang berlatar belakang keindahan alam Jawa Timur. 

Pada toilet pria terdapat lukisan 3D dengan latar belakang gambar landscape gunung bromo. Sedangkan pada toilet wanita terdapat lukisan 3D dengan foto air terjun Toran Madura. Keberadaan toilet instagramable ini diharapkan bisa menjadi media promosi wisata yang efektif menggaet wisatawan berkunjung ke destinasi wisata unggulan di Jawa Timur. 

Keberadaan toilet 3D ini membuat bandara internasional Juanda masuk dalam dalam deretan bandara unik di dunia seperti halnya Bandara Samui Thailand, Bandara Brisbane di Australia dan Bandara Narita di Jepang. 

3. Menerima ASQ Award 
Berbagai inovasi dan perbaikan layanan yang dilakukan Angkasa Pura dalam pengelolaan Bandara Juanda ternyata mendapat apresiasi dari dunia internasional. Pada 2017, Bandara Juanda berhasil meraih penghargaan “The 3rd place Best Airport in the world untuk  kategori bandara dengan jumlah penumpang 15-25 juta orang per tahun).  

Apresiasi ini diberikan berdasarkan hasil survei dari Airport Service Quality (ASQ) yang dirilis 6 Maret 2018. ASQ merupakan program yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI),  untuk mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara. 

Sebagai wujud perbaikan layanan dan fasilitas, sejak Agustus 2019, Bandara Juanda memperoleh akreditasi Airport Customer Experience Accreditation. Akreditasi ini merupakan program dari ACI sebagai komitmen peningkatan level of services dan customer experience.

4. Dekat pusat kota 
Bandara Juanda merupakan bandara internasional yang berada tak jauh dari pusat kota Surabaya. Berjarak sekitar 30 kilometer, Anda bisa sampai menuju Tugu Pahlawan yang menjadi jantung Kota Surabaya dari Bandara Juanda dalam waktu 30 menit. 

Lokasinya yang tak jauh dari pusat kota membuat Anda bisa memanfaatkan waktu untuk berwisata atau berkeliling kota sambil menunggu jadwal penerbangan. Beberapa destinasi wisata yang berada dekat bandara Juanda seperti pantai Papuma, monumen kapal selam, jembatan suramadu, dan tugu pahlawan.

Selain mengunjungi beberapa destinasi wisata, Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan mencicipi aneka kuliner khas Surabaya di rumah makan yang ada tak jauh dari bandara. Karena lokasinya yang dekat kota, Anda juga bisa memilih transit dengan jeda waktu cukup lama untuk menyempatkan diri berkeliling Surabaya. 

5. Tepat Waktu
Soal ketepatan waktu, Bandara Juanda termasuk yang memiliki manajemen waktu yang baik. Hal ini diukur dari ketepatan waktu saat keberangkatan maupun kedatangan pesawat. 

Pada 2017, salah satu firma tertua penyedia data penerbangan mondial asal Inggris, OAG, pernah mencatat Bandara Juanda masuk sebagai bandara besar dengan kinerja ketepatan waktu terbaik, atau OTP, yang persentasenya mencapai 90,3 persen. Bandara besar merupakan kategori bandara dengan penumpang 10-20 juta per tahun. 

Berdasarkan data dari pengukuran OTP menunjukkan Bandara Juanda selama setahun (2016-2017) mampu mempertahankan waktu kedatangan dan keberangkatan tidak lebih dari 15 menit dari jadwal.Untuk kawasan Asia Tenggara, Bandara Juanda berkali-kali berada di posisi bandara paling tepat waktu. 

6. Fasilitas Lengkap
Saat terpaksa menunggu penerbangan cukup lama di Bandara Juanda, Anda tidak perlu khawatir bosan. DI bandara juanda terdapat berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan seperti wifi gratis berkecepatan tinggi, ruang tunggu yang nyaman, mushola dan area belanja aneka makanan.  

Terdapat sejumlah spot instagramable di bandara yang bisa dimanfaatkan untuk berswafoto bersama orang tercinta. Pengalaman berada di Surabaya akan lengkap dengan membeli buah tangan dan cinderamata di pusat toko pusat oleh-oleh yang ada di lokasi bandara.

Bila punya keperluan mendadak ke pusat kota, Anda bisa memesan taksi atau naik damri yang selalu standby di area bandara. Konektivitas melalui akses tol membuat mobilitas dari dan menuju bandara juanda menjadi lebih lancar. 
 


Letak Bandara Juanda yang berada tak jauh dari pusat kota membuat mobilitas di sekitar bandara menjadi lebih padat. Apalagi terdapat berbagai pilihan hotel dekat bandara Juanda yang murah dengan fasilitas terbaik seperti POP! Hotel Gubeng.

POP! Hotel Gubeng adalah hotel terjangkau yang berlokasi strategis di pusat kawasan bisnis Surabaya. Anda hanya perlu berkendara sekitar 40 menit dari Bandara Juanda untuk sampai ke pusat kota. Dari hotel Anda juga dengan mudah bisa menuju Stasiun Gubeng, Grand City Mall & Convention Hall, Surabaya Plaza dan Tunjungan Plaza.Jadi, saat menginap di hotel murah ini, mobilitas Anda akan semakin mudah dan efisien. 

POP! Hotel Gubeng adalah hotel dekat bandara Juanda dengan suasana trendy yang ada di kota Surabaya. Dengan 162 kamar yang ada, Anda tidak perlu khawatir kehabisan tempat saat memesan kamar di hotel ini. Dengan desain simpel dan modern, setiap tamu bisa menikmati WiFi gratis, shower air panas dan dingin, dan TV kabel layar datar. 

Menginap di POP! Hotel Gubeng merupakan pilihan yang tepat untuk Anda yang butuh hotel murah saat berada di Surabaya baik untuk berbagai urusan ataupun untuk pilihan menginap selama transit di Surabaya. Anda bisa memesan kamar langsung saat berada di lokasi hotel atau bisa melalui website POP! Hotels.