5 Wisata Pantai Tanjung Karang yang Memukau Wisatawan

wisata-tanjung-karang.jpg
 
Tanjung Karang, merupakan salah satu kota tujuan wisata yang banyak dipilih tidak hanya oleh warga Lampung tetapi juga Jakarta dan sekitarnya. Apalagi sekarang ada banyak objek wisata Tanjung Karang yang dikembangkan sehingga menjadi destinasi wisata unggulan. Wisata pantai Tanjung Karang merupakan salah satu yang kini banyak dilirik. 

Tanjung Karang adalah nama lama untuk Bandar Lampung yang menjadi pusat pemerintahan Lampung. Letak geografisnya yang dekat dari Jakarta membuat banyak yang memilih pergi wisata ke Lampung untuk lari dari hiruk pikuk Jakarta. Penerbangan dari Jakarta-Bandar Lampung hanya membutuhkan waktu 45 menit perjalanan saja. Sedangkan bila memilih jalan darat, Anda hanya perlu berkendara sekitar 1 jam dilanjutkan dengan penyeberangan ferry dari Merak ke Bakauheni kurang lebih 2 jam. 

Ada banyak destinasi wisata Tanjung Karang yang menarik untuk dikunjungi. Hal ini akan memberikan suasana liburan yang berbeda dibanding banyak spot wisata di ibukota. Wisata pantai di Tanjung Karang akan lebih menyenangkan karena ada banyak hotel backpacker Tanjung Karang yang dapat dipilih sebagai alternatif akomodasi untuk berwisata dengan biaya murah seperti POP! Hotel Tanjung Karang. 

Berikut beberapa pilihan wisata pantai di Tanjung Karang yang dapat dipilih saat berlibur di provinsi paling selatan Pulau Sumatera ini: 

1. Pantai Mutun 
Pantai Mutun merupakan tujuan favorit warga Lampung dan sekitarnya karena lokasinya yang strategis. Hanya berjarak 19 km dari pusat kota Bandar Lampung, Dari Bandar Lampung Anda bisa berkendara melalui jalan RE Martadinata ke arah barat daya Teluk Betung.

Sepanjang perjalanan Anda bisa menyaksikan keindahan laut dari jalanan. Anda juga akan melalui beberapa pantai wisata seperti Pantai Queen Arta, Pantai Puri Gading dan pantai lainnya. Sekitar 1 jam perjalanan, selanjutnya Anda akan sampai di Pantai Mutun dan terbebas dari hiruk pikuk suasana kota sembari menikmati keindahan pantai pasir putih yang memanjakan mata. 

Selain menikmati pemandangan dan bermain  pasir di pantai yang landai, di sini, wisatawan juga bisa mencoba aneka wahana olahraga air seperti kano, ski air dan banana boat. Wisatawan juga bisa menyewa perahu untuk menikmati keindahan pantai dari laut. 

Pantai Mutun dibuka untuk wisatawan sepanjang waktu atau 24 jam non stop. Untuk setiap mobil dikenakan tiket masuk Rp25.000,- sudah termasuk tarif parkir. Bila ingin mencoba fasilitas waterboom yang ada di area pantai Mutun dikenakan biaya tambahan Rp11.000,- per orang. Selain itu pengunjung juga bisa menyewa berbagai fasilitas seperti speed boat, jet ski dan banana boat. 

2. Pulau Tangkil 
Tak jauh dari Pantai Mutun terdapat Pulau Tangkil nan eksotis. Keberadaan pulau yang dekat dari pantai membuat pulau Tangkil menjadi objek wisata favorit. Apalagi, jarak dari pantai Mutun ke Pulau Tangkil terbilang dekat. Anda hanya perlu menyewa perahu atau kapal untuk menyeberang dari Pantai Mutun ke Pulau Tangkil dengan waktu tempuh sekitar 10 menit saja. 

Di Pulau Tangkil, wisatawan bisa merasakan sensasi olahraga parasailing, snorkeling, diving, dan berbagai aktivitas olahraga air lainnya. Bila bosan ni, terdapat spot yang bisa digunakan untuk snorkeling maupun diving. 

Bila bosan berenang ataupun menyelam, Anda bisa menikmati panorama pantai dan birunya lautan dengan berjalan-jalan mengelilingi pulau. Anda akan mendapatkan banyak gambar menarik selama berada di pulau. 

Tiket masuk ke Pulau Tangkil terbilang murah. Anda hanya perlu merogoh kantong kurang dari Rp10.000,- per orang. Selama berada di pulau, wisatawan bisa menikmati berbagai fasilitas seperti mushola, toilet bersih, warung makan, penginapan, dan juga gubuk untuk bersantai sambil menikmati suasana pantai. 

3. Pantai Sari Ringgung 
Pantai Sari Ringgung merupakan objek wisata pantai favorit yang berada dekat dari Kota Bandar Lampung. Anda hanya perlu berkendara sejauh 14 kilometer atau sekitar 30 menit dari pusat kota untuk sampai ke sini. 

Di pantai sari ringgung terdapat masjid terapung Al Aminah dengan kapasitas hingga 200 jamaah. Keberadaan masjid yang terapung di tengah laut dengan sistem keramba  ini menjadi daya tarik bagi  wisatawan. 

Masjid terapung Al Aminah dibangun sejak 1980-an dan banyak didatangi untuk wisata religi maupun sekadar ingin melihat dari dekat arsitektur dan desain bangunan. 

Salah satu aktivitas yang terkenal di Pantai Sari Ringgung adalah snorkeling. Keindahan alam bawah laut menjadi daya tarik. Bila tidak membawa alat snorkeling sendiri, Anda bisa menyewa peralatan dan pengelola yang ada di pantai. 

Untuk masuk ke Pantai Sari Ringgung, wisatawan hanya perlu membayar tiket Rp 5.000-Rp 10.000 per orang. Bila datang dengan motor dikenakan Rp10.000,- per motor dan untuk mobil Rp20.000,- Bila ingin menginap Anda bisa menyewa penginapan dengan harga antara Rp 50.000-Rp 100.000 per malam

4. Pulau Tegal Mas 
Menjelajah keindahan pantai di sekitar Tanjung Karang tak akan lengkap sebelum Anda mencoba berwisata di Pulau Tegal Mas. :Pulau ini terletak di teluk Lampung dengan posisi terlindungi gugusan pulau yang berbukit. 

Pulau Tegal Mas terletak di seberang Pantai Sari Ringgung. Anda bisa menyewa kapal dari Pantai Sari Ringgung untuk tiba di pulau. Setiap pengunjung akan dikenai tiket masuk sebesar Rp25.000,- per orang. 

Pantai di Pulau Tegal Mas memiliki air yang tidak terlalu bergelombang sehingga cocok untuk area snorkling. Air lautnya berwarna hijau toska dan banyak ditumbuhi terumbu karang yang dihuni aneka ikan hias. Bila beruntung, Anda bisa berjumpa dengan penyu yang berenang bebas di laut. Keindahan flora dan fauna bawah laut di Pulau Tegal Mas dapat dinikmati hanya dengan kedalaman 1 meter. 

Di Pulau Tegal Mas, Anda juga bisa menjelajah pulau dengan menggunakan ATV untuk offroad berkeliling pulau. Bila ingin santai juga bisa duduk di gazebo yang tersedia. 

Untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam ekstra, Anda bisa menginap di pulau dengan menyewa penginapan di villa atau penginapan sederhana yang terdapat pada cluster Kampoeng Lombok Mas. Villa yang ada dibangun dengan konsep tradisional, beratap jerami dan berdinding kayu 

Vila-vila itu dibangun dengan gaya tradisional, beratap jerami dan berdinding kayu. Satu vila bisa ditempati untuk 1-6 orang dengan sewa bervariasi antara 2,5-3 juta per vila  untuk enam orang. Biaya ini sudah termasuk penjemputan ke Pantai Sari Ringgung, sarapan dan sewa kano. Bila ingin harga lebih murah, Anda bisa menyewa cottage dengan kisaran 1,5-2,5 juta untuk 5 orang. 

5. Pantai Duta Wisata 
Satu lagi pantai indah yang bisa Anda nikmati saat berada di Tanjung Karang adalah Pantai Duta Wisata. Letaknya tak jauh dari pusat kota. Anda hanya perlu berkendara sejauh 10 kilometer. Sekitar 25 menit berkendara  dari pusat kota, Anda akan sampai di Pantai Duta Wisata. 

Letak Pantai Duta Wisata berada di Jalan Laksamana R.E. Martadinata, Teluk Betung Timur. Pantai Duta Wisata memiliki suasana tenang dan rindang karena banyak pohon tumbuh di sini, Anda bisa bersantai duduk di gazebo sembari menikmati laut lepas dan gugusan pulau di teluk lampung. 

Bila ingin menikmati suasana pantai, Anda juga bisa berkeliling menyisir bibir pantai yang berpasir putih. Selain itu wisatawan juga bisa menyewa kapal nelayan untuk berkeliling melihat pulau dari laut. Untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang tercinta, Anda juga bisa membeli ikan segar dari nelayan sekitar dan membakarnya menjadi sajian ikan bakar yang enak. 

Pantai Duta Wisata dibuka untuk umum selama 24 jam non stop. Setiap pengunjung dikenai tarif masuk Rp10.000,- per orang. Selain itu Anda bisa menyewa banana boat, jet ski, dan sepeda air. 


Menikmati indahnya pantai di Tanjung Karang tak akan cukup dinikmati dalam satu hari, Untuk memudahkan mobilitas, tak ada salahnya Anda memilih menginap di hotel backpacker Tanjung Karang. Tak perlu khawatir karena ada banyak pilihan hotel murah dengan harga terjangkau seperti POP! Hotel Tanjung Karang. 

POP! Hotel Tanjung Karang terletak di Jalan Wolter Monginsidi dekat dengan kawasan bisnis dan pemerintahan utama Lampung. Hotel murah yang berada di pusat kota ini cocok untuk para pelancong dan pertemuan. Terdapat fasilitas ruang pertemuan yang bisa menampung kebutuhan rapat kantor dan pertemuan bisnis. Dengan 168 kamar modern yang ada, POP! Hotel Tanjung Karang bisa menjadi tempat pelaksanaan seminar dan workshop. 

Setiap kamar dilengkapi dengan shower pod, TV kabel dengan channel internasional, free Wifi, King Size Bed, dan safety Box. Sentuhan desain modern dan minimalis membuat suasana menginap di POP! Hotel Tanjung Karang menjadi lebih menyenangkan. Jadi, saat Anda berkunjung dan menginap di hotel backpacker Tanjung Karang tak perlu susah lagi mencari hotel untuk menginap. 

Anda hanya perlu memesan kamar di POP! Hotel Tanjung Karang yang bisa dibooking lewat website resmi POP! Hotels. Selamat menikmati liburan di Tanjung Karang.