5 Tips Liburan Asyik ke Surabaya ala Backpacker

liburan-surabaya-ala-backpacker.jpg
 
Merencanakan liburan asyik ala backpackeran boleh jadi menjadi pilihan yang menarik untuk membunuh kebosanan. Dengan liburan ala backpacker kita bisa lebih leluasa mengatur perjalanan dengan budget minim dan tetap mendapat pengalaman yang banyak. 

Salah satu kota tujuan wisata yang menarik untuk backpacker adalah Surabaya. Tersedianya transportasi publik yang memadai dan penginapan murah di Surabaya membuat liburan ala backpacker menjadi lebih mudah. Apalagi di Surabaya terdapat banyak tempat wisata murah meriah tetapi tidak kalah keren dibanding destinasi wisata yang dikelola swasta yang umumnya tertutup untuk umum. 

Saat merencanakan ala backpacker ke Surabaya, Anda perlu melakukan sejumlah persiapan. Sebagai kota nomor dua terbesar di Indonesia, bukan tidak mungkin Anda akan kebingungan selama perjalanan karena kurangnya persiapan. Apalagi buat yang baru pertama kali datang ke Kota Pahlawan. Jangan sampai karena kebingungan, Anda kehilangan momen dan kesempatan untuk menikmati keseruan berwisata di Surabaya, 

Nah, berikut ini 5 tips liburan asyik ke Surabaya ala backpacker yang bisa jadi panduan Anda. 

1. Pilih Transportasi murah
Surabaya merupakan kota besar yang mudah dijangkau dengan menggunakan transportasi darat, laut dan udara. Jenis transportasi apapun yang akan dipilih, untuk mendapatkan tiket harga murah ada baiknya Anda memesan tiket jauh hari sebelum keberangkatan. Jangan lupa juga untuk membandingkan harga dan mencari harga promo. 

Untuk yang memilih moda transportasi udara, Anda akan tiba di bandara Juanda melalui Bandara Juanda. Sedangkan bila datang dengan kereta api Anda bisa turun di Stasiun Gubeng dan Stasiun Pasar Turi. Untuk perjalanan dengan bus Anda akan tiba di terminal Purabaya. 

Bagi Anda yang datang dari luar Pulau Jawa, moda transportasi kapal laut bisa jadi pilihan. Saat ini Pelabuhan Tanjung Perak melayani kedatangan kapal dari berbagai kota seperti dari Jakarta, Natuna, Samarinda, Ambon, Balikpapan, Ende, dan beberapa rute ke wilayah Indonesia Timur lainnya. 

2. Objek Wisata Gratis
Untuk memangkas biaya selama liburan, Anda bisa memilih untuk mengunjungi objek wisata yang tidak memungut tiket masuk alias gratis. Untungnya, di Surabaya, terdapat banyak objek wisata yang bisa diakses oleh umum secara cuma-cuma seperti wisata taman, pantai dan hutan mangrove. 

Bila ingin suasana santai dan asri, datanglah ke Taman Harmoni atau biasa juga disebut Taman Hutan Kota Keputih. Taman ini semula merupakan area pembuangan sampah. Namun  sejak 2019 taman ini resmi berganti menjadi taman kota yang ditanami aneka bunga tematik seperti bunga matahari dan bunga sakura. 

Di Taman Harmoni juga ada hutan bambu dengan nuansa yang khas. Karena banyak titik instagramable di sini, banyak pengunjung yang datang untuk berswafoto bahkan untuk pengambilan foto prewedding. Wisata bernunasa alam gratis lainnya yang bisa dikunjungi adalah hutan mangrove gunung anyar dan menikmati keindahan pantai sambil bermain pasir di Pantai Ria kawasan Kenjeran. 

Bila ingin mencari wisata edukatif, Anda bisa datang ke museum surabaya. Di sini terdapat 1000 koleksi seperti perjalanan Surabaya dari masa ke masa, baju petugas pemadam kebakaran sejak masa pemerintahan Belanda, hingga alat transportasi. Museum Surabaya dibuka setiap hari dari pukul 09.00-21.00 WIB. Anda juga bisa  berkunjung ke house of Sampoerna. Di sini Anda bisa melihat sejarah kretek di Indonesia dari masa ke masa. 

3.Keliling Surabaya
Keliling Kota Surabaya sembari menikmati suasana kota tetapi tidak perlu keluar biaya? Anda bisa mencobanya dengan naik bus Surabaya Heritage Track (SHT) milik House of Sampoerna (HoS). Bus ini beroperasi pada Selasa sampai Minggu, sedangkan hari Senin libur. 

Rute bus SHT ini berbeda setiap harinya tergantung tema tur. Pada saat weekdays ada dua tema yang sering dilalui yaitu rute Surabaya Kampung Pendidikan, dan Surabaya Kota Pahlawan. Sedangkan untuk weekend rute yang dilalui bertema tur kampung dari seberang, Surabaya kampung metropolitan, dan gerbang keraton Surabaya. 

Hal lain yang menarik saat tour gratis keliling Surabaya menggunakan SHT adalah model bus yang digunakan. Bentuknya klasik seperti kereta trem zaman dulu. Selama perjalanan, tracker atau sebutan untuk penumpang akan dipandu oleh tour guide. Untuk bisa naik, penumpang bisa datang langsung ke House of Sampoerna atau memesan terlebih dahulu melalui hotline yang ada. 


4. Kuliner murah
Puas berkeliling kota  seharian, jangan lupa untuk menyantap kuliner khas Surabaya yang nikmat. Tak perlu khawatir soal harga karena di Surabaya, Anda bisa memilih tempat makan murah meriah tetapi tetap enak yang tersebar di banyak tempat. 

Ada banyak kuliner khas Surabaya yang bisa dipilih seperti rawon setan, soto lamongan, sego sambal, lontong balap, mie jogging, bakmie dan rujak cingur. Wisatawan bisa makan di sentra kuliner yang ada agar bisa memilih banyak menu sesuai selera.

Beberapa sentra kuliner yang bisa didatangi adalah sentra PKL Taman Prestasi, food court Urip Sumoharjo, dan sentra PKL Indrapura. Bila ingin suasana berbeda, Anda juga bisa makan di warung makan yang ada di sekitar tempat wisata. Jadi Anda tetap bisa bersantai dan menikmati suasana sembari menyantap hidangan khas Surabaya. 

5. Pilih Hotel Murah
Agar liburan ala backpacker Anda menjadi lebih menyenangkan, pilihlah hotel murah di Surabaya namun tetap memberi jaminan keamanan. Sesuaikan hotel dengan kebutuhan dan budget. Karena hotel hanya akan digunakan untuk tempat beristirahat di malam hari, maka tak perlu mencari hotel dengan fasilitas pendukung yang lengkap. 

Meski mencari hotel murah di Surabaya, Anda tetap harus memperhatikan kenyamanan agar bisa beristirahat dengan tenang. Pilihlah hotel yang menawarkan kenyamanan kamar tidur yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti AC dan TV layar datar seperti yang ditawarkan POP! Hotel Diponegoro.  


POP! Hotel Diponegoro merupakan pilihan terbaik bagi wisatawan backpacker yang datang ke Surabaya. Hotel ini berada dekat dengan tengah kota dan mudah diakses dari bandara Juanda maupun dari stasiun kereta. Hanya butuh waktu 15 menit berkendara dari Stasiun Gubeng ke lokasi hotel. Anda juga dengan mudah bisa menuju Surabaya Town Square dan Kebun Binatang Surabaya.

POP! Hotel Diponegoro menawarkan 116 kamar tamu dengan desain modern dan trendy. Setiap kamar pada hotel murah di Surabaya ini dilengkapi dengan wifi gratis 24 jam nonstop, pancuran air panas dan dingin, TV layar datar dengan saluran kabel. 

Hal yang tak kalah menarik, menginap di POP! Hotel Diponegoro Anda akan mendapat sarapan gratis. Tentunya ini akan menghemat budget yang cukup signifikan. Buat Anda para backpacker yang berkunjung ke Surabaya, POP! Hotel Diponegoro merupakan pilihan tepat. 

Anda tinggal datang ke hotel untuk memesan kamar selama berada di Surabaya ataupun  memesan langsung melalui website POP! Hotels. Anda tinggal memesan kamar dan selanjutnya POP! Hotel Diponegoro akan menyediakan kenyamanan dan keamanan untuk akomodasi Anda.