Nikmati 5 Ragam Wisata Ini Saat Berlibur di Semarang

berlibur-di-semarang.jpg
 
Semarang merupakan kota ramah wisata yang terletak di utara Pulau Jawa. Sebagai kota yang terletak di jalur Pantura, Kota Semarang menjadi lebih ramai dikunjungi wisatawan. Aksesnya yang mudah dari berbagai daerah, ditambah dengan kekayaan wisata yang melimpah, membuat Semarang tak pernah sepi dari wisatawan. 

Wisata Semarang sangat diminati lantaran memiliki beragam destinasi wisata yang bisa dituju. Segala macam jenis wisata ada di sana seperti wisata alam, wisata kota tua, wisata budaya, wisata sejarah, dan wisata religi. Dengan begitu, para wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas seru dan asyik sesuai dengan minat masing-masing. Apalagi tidak sulit bagi wisata untuk mencari hotel di Semarang tengah. 

Ragam wisata apa saja sih yang bisa dilakukan selama berlibur di Semarang? Yuk simak ulasannya:

1. Wisata sejarah 
Kota Semarang yang merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah merupakan kota yang pas dikunjungi untuk berwisata sejarah. Di Semarang, terdapat banyak bangunan bersejarah. Bahkan tak sedikit yang telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya (BCB) yang harus dilindungi. 

Dalam sejarah kemerdekaan, Semarang juga tercatat sebagai salah satu kota yang berperan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Pada peristiwa sekitar kemerdekaan, di Semarang pernah terjadi Pertempuran Lima Hari yang merupakan pertempuran antara rakyat Indonesia melawan tentara Jepang pada masa transisi kekuasaan yang terjadi pada 15–19 Oktober 1945.

Untuk memperingati peristiwa penting Pertempuran Lima Hari ini, sejak 1950 didirikan Tugu Muda yang terletak di jantung kota Semarang. Tugu muda terletak di tengah persimpangan jalan protokol Semarang. Tak jauh dari Tugu Muda, di sebelah utara ada Gedung Pandanaran yang kini menjadi perkantoran Pemerintah Kota  Semarang dan di sebelah barat merupakan Wisma Perdamaian yang menjadi rumah dinas Gubernur Jawa Tengah. 

Dari Tugu Muda, Anda  bisa melanjutkan wisata sejarah dengan mengunjungi Museum Mandala Bhakti yang merupakan tempat menyimpan benda dan arsip sejarah seputar kemerdekaan di Semarang. Di sini pengunjung bisa menapak tilas peristiwa penting dalam sejarah kemerdekaan yang terjadi di Semarang. 

Di sebelah timur Tugu Muda, terdapat Lawang Sewu. Lawang Sewu merupakan saksi bisu perjuangan anak-anak muda Semarang saat Pertempuran Lima Hari berlangsung. Selain itu, bekas kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS ini memiliki bentuk yang unik dengan banyak pintu yang konon katanya tidak pernah bisa dihitung dengan pasti. Tak heran bila warga kota menjuluki Lawang Sewu dengan Gedung Seribu Pintu. 

Wisata sejarah di Semarang akan semakin lengkap setelah berkunjung ke kawasan wisata Kota Tua atau Kota Lama Semarang. Di kawasan ini terdapat bangunan-bangunan tua dengan arsitektur Eropa yang membuat Semarang sering disebut sebagai miniaturnya Belanda. Di kawasan Kota Lama terdapat beberapa bangunan yang kondisinya masih bagus seperti gedung Jiwasraya,Gedung Marta Badjunet, dan toko modern De Zeikel, 

2. Wisata Budaya 
Bila ingin menyelami lebih jauh keindahan wisata Kota Semarang, saatnya mendatangi beberapa destinasi wisata budaya yang berkaitan erat dengan adat istiadat dan kebiasaan baik masyarakat Kota Semarang. Salah satunya dapat ditemui di Kampung Pelangi. 

Kampung Pelangi merupakan pemukiman padat penduduk yang terletak di bukit Gunung Brintik. Di sini para pengunjung bisa berinteraksi dengan masyarakat sembari berfoto. Buat wisatawan yang suka update media sosial, akan ada banyak spot instagramable di kawasan ini. 

Dari Kampung Pelangi Anda bisa berpindah menuju Kampung Batik yang terletak di Jalan Pattimura tak jauh dari Kota Lama Semarang. Di sini para wisatawan bisa belajar banyak hal tentang batik langsung dari para pengrajinnya. Bahkan, wisatawan juga bisa praktik mencanting yaitu melukis corak batik dengan lilin di atas kain yang telah disediakan. 

3. Wisata Religi
Semarang memang kota yang tujuan wisata yang komplit dan memanjakan. Selain wisata budaya dan sejarah, Anda juga berwisata religi dengan mengunjungi sejumlah destinasi. 

Salah satu bangunan ikonik dan terkenal di Semarang adalah Masjid Agung Jawa Tengah yang diresmikan sejak November 2006. Masjid ini memiliki arsitektur unik dengan 25 pilar besar dan dilengkapi enam payung hidrolik di halaman utama. Selain itu di sini juga ada menara pandang setinggi 99 meter yang disebut dengan Menara Al Husna. Dari sini, Anda bisa melihat keindahan Kota Semarang dari ketinggian. 

Dari Masjid Agung Jawa Tengah, Anda bisa bergerak menuju Klenteng Sam Poo Kong yang terletak di Jalan Simongan Semarang Barat. Selain tempat ibadah, Klenteng Sam Poo Kong terbuka untuk wisatawan yang ingin menggali sejarah dan menikmati keindahan bangunan. 

Klenteng Sam Poo Kong merupakan tempat bersejarah untuk mengenang Laksamana Cheng Ho yang sempat berlabuh di Utara Jawa. Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah di pagi dan sore hari agar bisa mengambil foto saat matahari berada di puncak klenteng.

Wisata religi di Semarang tak akan lengkap sebelum Anda berkunjung ke Gereja Blenduk dan Gereja Santo Yosep. Gereja Blenduk merupakan gereja Protestan pertama di Kota Semarang dengan nama asli Nederlandsch Indische Kerk.Gereja ini terletak di Kota Lama Semarang dan kini bernama GBIP Immanuel yang masih digunakan untuk beribadah hingga kini. 

Ada Juga gereja Santo Yosep yang dikenal sebagai Gereja Gedangan. Gereja ini merupakan gereja katolik pertama di Semarang yang dibangun menggunakan batu bata yang diimpor langsung dari Belanda. Sedangkan buat wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ibadah umat Hindu, Anda bisa pergi ke Pura Agung Giri Natha yang merupakan pura terbesar di Semarang yang dibangun sekitar 1968.

4. Wisata Seni
Tak lengkap liburan di Semarang sebelum Anda berkunjung ke salah satu destinasi wisata seni yang ada di tengah Kota. Buat wisatawan yang ingin melihat karya seni kontemporer bisa datang ke Semarang Contemporary Art Gallery yang berlokasi tak jauh dari  Gereja Blenduk. Tidak hanya lukisan, di sini pengunjung bisa menikmati hasil seni rupa patung yang dilengkapi dengan penjelasan yang informatif. 

Di Semarang, wisatawan juga bisa berinteraksi langsung dengan para pekerja seni yang ada di Kampung Seni Palebon Pedurungan. Lokasinya di tengah kota dan hanya perlu waktu 15 menit dari Simpang Lima untuk sampai ke sini.  Di Kampung Seni Anda bisa belajar karawitan, kerajinan tangan, dan pewayangan. Bila beruntung pengunjung bisa menyaksikan pertunjukan seni oleh warga. 

5. Wisata Kuliner
Puas menjelajahi sejumlah destinasi wisata, saatnya memanjakan perut dengan aneka sajian kuliner khas Semarang. Tempat makan di Semarang tersebar di banyak titik, hampir di semua jalan protokol ada rumah makan yang menyediakan menu khas Semarang. 

Datanglah ke Jalan Lombok untuk mencicipi Loenpia Gang Lombok yang terkenal. Loenpia Gang Lombok merupakan gerai penjual Loenpia tertua di Kota Semarang, yang menyediakan dua jenis yaitu lumpia basah dan lumpia goreng.

Buat Anda yang ingin makan besar bisa mampir di Warung Mangut Welut Hj. Nasimah yang terletak di Jalan Menoreh Raya. Atau bisa juga mencoba Soto Bangkong, Nasi Goreng Babat Pak Taman, dan Nasi Gandul Pak Memet. Untuk mencari menu ringan, Anda bisa datang ke Toko Oen, mencoba Es Puter Cong Lik, Lekker Paimo dan Tahu Gimbal Pak Eddy. 


Berlibur di Semarang menjadi semakin lengkap dan berkesan dengan adanya beragam destinasi wisata yang bisa didatangi, Anda bisa mendatangi semua atau memilih sesuai dengan minat dan kesukaan. Nah, mengingat banyaknya destinasi yang harus dituju, ada baiknya Anda menginap untuk beberapa hari dengan memilih hotel di Semarang Tengah. 

Tak perlu khawatir, Anda bisa memilih menginap di hotel murah Semarang Tengah yang terletak di pusat kota seperti POP! Hotel Pemuda. Dengan menginap di hotel di  Semarang Tengah, Anda akan dengan mudah pergi ke berbagai destinasi tanpa perlu khawatir jarak dan transportasi. POP! Hotel Pemuda merupakan jaringan POP! Hotels yang yang memiliki beberapa fasilitas dengan harga terjangkau. 

Dari POP! Hotels Anda bisa menjelajah aneka kuliner dan objek wisata/ Lokasinya terletak di pusat kawasan bisnis Semarang, dan dekat dengan Simpang Lima. Monumen Tugu Muda, Lawang Sewu  Shopping Mall, dan pusat oleh-oleh khas Semarang. Yang paling menarik, Hotel Backpacker ini hanya berjarak 15 menit berkendara dari Bandara Internasional Ahmad Yani, dan 5 menit berkendara dari Stasiun Kereta Tawang.

POP! Hotel Pemuda menawarkan 132 kamar tamu sederhana berdesain modern, dan 2 ruang pertemuan dengan total kapasitas 100 orang. Setiap kamar hotel dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi gratis, brankas, shower air panas dan dingin, air mineral gratis, dan TV LCD 32 " dengan saluran kabel. 

Dengan berbagai fasilitas dan harga terjangkau yang ditawarkan, POP! Hotels di Semarang adalah hotel backpacker yang merupakan pilihan ideal untuk hotel para wisatawan yang ingin berlibur di Semarang.