5 Alasan Ini, Bikin Liburan di Yogyakarta Terasa Istimewa

liburan-di-yogyakarta.jpg
 
Yogyakarta merupakan kota tujuan wisata yang populer di Indonesia. Daerah istimewa setingkat provinsi ini kerap menjadi tujuan wisata karena alam dan budayanya yang khas. Mereka yang sudah pernah datang ke Yogyakarta biasanya punya kerinduan untuk bisa berkunjung lagi ke sini.

Sebagai kota tujuan wisata, Yogyakarta memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik. Masing-masing destinasi memiliki keunikan tersendiri sehingga sayang untuk dilewatkan. Keramahan penduduknya juga menjadi daya tarik yang membuat orang terkesan setiap kali berkunjung ke Yogyakarta. Juga banyak tersedia penginapan murah seperti hotel murah di Timoho. 

Akses menuju Yogyakarta bisa ditempuh dengan menggunakan moda transportasi pesawat, kendaraan atau bus dan kereta api. Bandara Adi Sucipto Yogyakarta merupakan bandara internasional yang melayani penerbangan domestik dan mancanegara.

Anda yang datang dengan kereta juga bisa masuk ke Yogyakarta melalui stasiun Lempuyangan dan stasiun Tugu. Stasiun kereta api Lempuyangan melayani kereta kelas ekonomi dan kereta komuter yang melintasi Yogyakarta, sedangkan stasiun tugu melayani kereta api kelas eksekutif dan bisnis.

Bagi mayoritas orang yang pernah tinggal di Yogyakarta, stasiun Lempuyangan menyimpan kenangan yang tak terlupa. Alasannya, kereta ekonomi di stasiun ini banyak digunakan oleh pelajar dan mahasiswa yang pernah mengenyam pendidikan di Yogyakarta. Selain itu banyak juga perantau yang datang ke Yogyakarta melalui stasiun ini.

Stasiun Lempuyangan berada dekat dari pusat kota. Wisatawan bisa dengan mudah mengakses berbagai tempat wisata dari stasiun ini seperti kawasan jalan malioboro, benteng vredeburg, kebun binatang gembira loka, situs warung buto dan kawasan taman sari.

Berada di Yogyakarta membuat banyak wisatawan merasa betah dan ingin terus kembali ke sini. Setidaknya terdapat 5 alasan yang membuat liburan di yogyakarta terasa lebih istimewa.

1. Kaya akan wisata budaya 
Salah satu yang membuat Yogyakarta terkenal adalah budayanya yang kental dan masih hidup di tengah masyarakat. Keberadaan Keraton Yogyakarta membuat nilai budaya dan tradisi masih melekat dalam keseharian masyarakat Yogyakarta. Tak heran bila banyak yang memilih berwisata ke Yogyakarta karena ingin melihat dari dekat budaya dan tradisi keraton Yogyakarta.

Ada banyak objek wisata budaya yang ada di kota ini seperti wisata ke Keraton Jogja dan wisata candi. Tak lengkap rasanya datang ke Yogyakarta sebelum berkunjung ke Candi Borobudur dan candi Prambanan. Selain itu juga ada Candi Sambisari, Candi Ratu Boko, Candi Plaosan, dan candi lain yang sangat menarik untuk dikunjungi.
 
Menikmati wisata budaya tidak hanya melulu dengan mendatangi warisan wisata budaya benda. Anda juga bisa menikmati wisata budaya tak benda misalnya dengan melihat aktivitas warga di pasar atau di sepanjang jalan Malioboro. Duduk malam hari di balai kota sembari melihat aktivitas warga juga bisa menjadi aktivitas menyenangkan saat menikmati wisata budaya di kota Yogya. 

2. Banyak pilihan wisata religi
Yogyakarta tidak hanya kaya akan wisata budaya. Destinasi wisata religi juga banyak disini. Tak sedikit pula orang yang memilih datang ke Yogyakarta  dengan alasan ingin mengunjungi sejumlah objek wisata religi yang ada di sini. Objek wisata religi bisa juga jadi alternatif bagi Anda yang ingin mendapatkan ketenangan hati dan batin.

Di Yogyakarta terdapat sejumlah objek wisata dengan nuansa religi seperti Masjid Kotagede, Gereja Ganjuran, Sendangsono, Pura Vaikuntha Vyomantara, dan Klenteng Gondomanan. Masjid Kotagede merupakan masjid tertua di daerah Yogyakarta dan merupakan masjid yang dibangun sejak masa pemerintah Sultan Agung ketika kerajaan Mataram berjaya.

Gereja Ganjuran yang terletak di daerah Bantul merupakan gereja yang unik karena di dalamnya terdapat patung Yesus dan Bunda Maria yang berbalut busana campuran Jawa dengan Hindu. Hal ini merupakan bentuk akulturasi budaya yang kuat masa lalu.

Di Sendang Sono terdapat kapel-kapel kecil yang menjadi tempat beribadat dan berdoa bagi pemeluk agama katolik. Di kompleks ini juga ada lokasi Jalan Salib, goa Maria, pendopo, sungai, dan kios penjualan perlengkapan doa.

Di Yogyakarta juga ada pura yang menyajikan nuansa mirip dengan Bali. Datanglah ke Pura Vaikuntha Vyomantara, Anda akan merasakan nuansa berbeda. Begitu juga saat berkunjung ke Klenteng Gondomanan yang juga dikenal dengan Klenteng Buddha Prabha atau Klenteng Gondomanan. Tidak hanya untuk beribadat, tempat ini juga sering dikunjungi wisatawan yang ingin melihat keindahan arsitekturnya.

3. Bisa menikmati wisata  seni 
Berkunjung ke Yogyakarta tak akan lengkap sebelum menikmati aneka suguhan wisata seni yang ada di sini. Apalagi Yogyakarta memang dikenal sebagai kota seni tempat bertumbuhnya aneka seni lukis, tari, musik dan lainnya.

Seni di Yogyakarta tumbuh dengan sentuhan tradisional dan juga modern. Untuk seni tradisional, Anda dengan mudah bisa menemukan pertunjukan sendratari, wayang, tari keraton, dan aneka kesenian musik seperti gamelan. Anda juga bisa menikmati aneka sajian seni kontemporer seperti seni lukis di museum affandi, museum Ullen Sentalu dan Jogja National Museum.

Sebagai tolak ukur perkembangan seni musik kontemporer Anda juga bisa mengikuti perkembangan musik jazz melalui berbagai kegiatan seperti Musik Jazz Mben Senen. Selain itu, wisatawan juga bisa belajar membuat batik di sejumlah sentra batik, dan melihat pembuatan keris dan perak di kawasan Kotagede.

4. Bisa mencicipi aneka kuliner istimewa 
Keunggulan Yogyakarta sebagai destinasi wisata favorit tak terlepas dari  reputasi Kota Jogja yang kaya jajanan jalanan yang enak dan ramah di kantong. Semua orang tahu tempat mencari makanan murah dan enak adalah Yogyakarta.

Salah satu makanan paling hits dari Jogja adalah gudeg. Cita Rasanya yang khas membuat gudeg sangat identik dengan Jogja. Anda bisa membeli nasi gudeg di berbagai rumah makan dan tempat jajanan pinggir jalan. Selain itu juga ada makanan hits lain seperti mangut lele, sate klatak, soto bathok dan aneka makanan lain yang umumnya dijual secara lesehan.

Tak hanya rasanya yang enak, makanan khas yogyakarta juga terkenal karena harganya yang murah. Konon katanya, harga murah ini karena menyesuaikan dengan julukan kota pelajar yang disandang Jogja.

5. Banyak penginapan murah 
Saat berkunjung ke Yogyakarta, Anda  tak perlu khawatir banyak biaya  yang terpangkas untuk kepentingan akomodasi. Di Yogya Anda bisa mendapatkan penginapan atau hotel murah di Timoho dengan mudah. Konon katanya, bila ingin mencari penginapan termurah di Indonesia datanglah ke Yogyakarta.

Salah satu hotel budget yang terkenal di jogja adalah POP! Hotel Timoho yang terletak di daerah Umbuharjo. Hotel ini hanya berjarak 5 menit dari Stasiun Lempuyangan dan Stadion Mandala Krida. Dari hotel murah di Timoho ini Anda juga dengan mudah bisa mengunjungi museum Pakualam dan De Mata Trick Eye Museum.

Bila menginap di POP! Hotel Timoho Yogyakarta, Anda juga bisa mengakses jalan Malioboro dengan mudah. Hanya dengan 10 menit berkendara Anda bisa sampai di jalanan yang hits ini dan juga mencapai House of Raminten. Bila ada keperluan ke Bandara Internasional Adisucipto, Anda hanya perlu waktu 15 menit berkendara dari penginapan. 

POP! Hotel Timoho merupakan hotel murah yang memiliki 126 kamar dengan nuansa nyaman dan trendy. Setiap kamar dilengkapi dengan wifi, brankas, lemari, air minum kemasan gratis, TV Kabel dan AC. Selain itu pengunjung juga bisa memanfaat area PITSTOP yang memadukan konsep cafe modern dan toko serba ada. Jadi Anda bisa memenuhi segala kebutuhan harian selama liburan dengan mudah.


Yogyakarta dengan segala keistimewaannya tak pernah habis membuat wisatawan betah dan rindu untuk kembali. Suasana kota yang tenang dan damai, ditambah masyarakat yang ramah membuat kota ini makin istimewa. Karena itu tak salah bila banyak yang ingin datang dan mengulang kembali kenangan yang tertinggal di Yogyakarta.

Apalagi sekarang, bila ingin berkunjung ke Yogyakarta tak perlu lagi repot mencari tempat menginap. Ada  POP! Hotel Timoho yang bisa dipesan kapan saja baik di pesan langsung saat sudah berada di hotel atau bisa booking kamar secara online lewat website POP! Hotels.